Virus Panleukopenia Pada Kucing


Banyak virus, bakteri maupun penyebab gangguan kesehatan kucing yang mengintai setiap saat, salah satunya Panleukopenia. Virus panleukopenia kucing atau FPV, disebut juga parvovirus kucing. Ini adalah penyakit virus yang sangat menular dan berpotensi fatal yang diderita oleh anak kucing dan kucing dewasa.

Virus FPV ini tidak sama dengan virus parvo pada anjing. FPV menyerang dengan cara menginfeksi sel darah putih dalam tubuh. Dalam kasus yang parah, panleukopenia dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah putih secara drastis. Hal ini membuat kucing sangat rentan terhadap infeksi lain.


Panleukopenia Menular Secara Cepat

Virus ini dapat menyebar dengan cepat, terutama pada pup/feses, urine, dan sekresi hidung. Penularan terjadi ketika kucing yang rentan melakukan kontak langsung dengan kucing yang telah terinfeksi virus. Jika ada kucing kamu yang telah terinfeksi, segera pisahkan ruangannya dengan kucing sehat lainnya untuk mencegah penularan. Virus ini hanya menular ke sesama kucing, tidak pada manusia.



Penyakit Mematikan Dengan Angka Kematian Tinggi

Jika tidak segera diberi perawatan, virus panleukopenia atau FPV dapat berakibat fatal pada kucing, angka kematiannya dapat mencapai 80% pada anak kucing. Sedangkan pada kucing dewasa memiliki angka kematian 40-60%. Jangka waktu dari mulai terinfeksi sampai kematian berlangsung secara cepat, biasanya berkisar hanya dalam hitungan hari saja.


Kenali Gejalanya

Ada beberapa gejala yang dapat terlihat. Biasanya kucing yang terinfeksi virus FPV akan mengalami kelesuan secara mendadak. Mereka akan kehilangan nafsu makan, dehidrasi, muntah, dan diare. Ini terjadi karena virus telah menghancurkan sel-sel organ dalam mereka. Seringkali pada kucing dewasa menunjukkan gejala seperti mengeluarkan lendir dari mata dan hidung karena sistem kekebalannya melemah.


Belum Ditemukan Obat Untuk Penyakit Ini

Walaupun ditemukan obat untuk virus ini, tapi kamu dapat mencegahnya dengan vaksinasi. Vaksinasi virus panleukopenia atau FPV sangat penting untuk semua kucing. Ada dua kategori vaksin, yaitu ‘wajib’ dan ‘tambahan’. Semua vaksin wajib harus diberikan kepada semua anak kucing dan kucing, apapun kebiasaan hidupnya. Panleukopenia kucing termasuk dalam kategori wajib, di samping herpesvirus dan calicivirus.