Trik Memberikan Obat untuk Kucing



Pawrents, apakah kamu pernah merawat kucing yang sakit? Kucing yang sakit tentu memerlukan bantuan obat agar dapat pulih. Namun terkadang memberi kucing obat itu dapat menjadi hal yang cukup sulit. Misalnya saja kucing menolak untuk memakan obat tersebut, atau bahkan memuntahkan obat padahal sudah dimasukkan kedalam makanan. Bila kamu kesulitan memberikan kucingmu obat, cobalah trik-trik di bawah ini!


Membungkus Obat dengan Pill Pocket

Pill pocket adalah cemilan lunak yang dirancang untuk membungkus obat. Kamu dapat membeli produk yang sudah jadi ataupun membuatnya sendiri. Kamu tinggal memasukkan obat ke dalam bulatan kecil dan berikan kepada kucing kesayanganmu. Kamu juga dapat menambahkan sebutir cemilan kering pada pill pocket tersebut. Cara ini ampuh bagi banyak kucing loh, pawrent!


Coba Pakai Pelontar Pil

Sebagian orang berhasil memberi kucing mereka obat menggunakan pelontar pil. Alat ini akan menembak obat hingga pangkal tenggorokan kucing, sehingga kucing akan lebih sulit untuk memuntahkan obat. Sayangnya, penggunaan pelontar pil tidak selalu berhasil nih, pawrents.


Baca Juga: Bagaimana Mengenali Jika Kucing Peliharaan Sakit Diam-Diam


Meniup Hidung atau Memijat Bagian Tenggorokan

Jika kucing kesayanganmu memuntahkan obat setelah diberikan, kemungkinan besar dia tidak menelannya dengan segera. Trik terakhir ini dapat kamu lakukan dengan menaruh obat pada pangkal tenggorokan dan menutup dan menahan mulut kucing dengan lembut. Setelah itu, pijat tenggorokan dan tiup pelan hidungnya. Kamu juga memberi sedikit air setelah obat agar kucingmu lebih mudah menelan.


Jika 3 trik diatas telah kamu lakukan namun masih gagal, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter hewan tentang obat alternatif. Kamu dapat meminta obat dalam bentuk cair atau oles. Dua jenis obat ini mungkin lebih mahal tapi dapat memudahkanmu. Semoga berhasil dalam memberikan obat kepada kucingmu ya, pawrents!


Sumber:

https://petlifetoday.com/vet/how-to-give-a-cat-a-pill/