Tips untuk Memulai Bisnis Pet Grooming


Dengan jumlah penyayang hewan yang terus meningkat setiap tahun, bisnis pet grooming atau pet salon akan menjadi bisnis unik yang juga akan terus berkembang. CNBC mencatat mulai pada tahun 2018 peminat jasa grooming hewan melonjak sebesar 75%.

Tentu saja untuk memulai bisnis salon hewan ada faktor yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Berikut tips untuk memulai bisnis pet grooming.


Keterampilan

Untuk menjadi pet groomer yang sukses, kamu harus memiliki keterampilan yang diperlukan, dan keterampilan kamu perlu dilatih untuk melakukannya secara profesional. Tidak akan terlampau sulit jika kamu pernah atau sedang memelihara hewan, karena kamu telah terbiasa menangani perawatan mereka.


Atau kamu juga bisa belajar secara online, kini banyak tutorial yang bisa kamu dapatkan di internet. Tapi dengan catatan, kamu perlu melakukannya dengan hati-hati agar tidak menimbulkan cedera pada hewan yang kamu tangani. Pilihan lainnya adalah kamu bisa belajar dari para pet groomer profesional, dengan menjadi asisten sebagai awalannya.


Kesiapan Mental

Dengan menjadi seorang pet groomer, kamu akan menangani berbagai karakter hewan, berbagai ukuran hewan, dan tingkat kebersihan yang berbeda pula. Untuk itu memang perlu kesiapan mental yang lebih matang untuk menjadi seorang pet groomer.

Kamu dapat menentukan harga sesuai dengan tingkat kesulitan yang kamu tangani. Pertimbangkan juga waktu atau lama pekerjaan, dan resiko penanganan hewan.


Peralatan

Salah satu biaya awal yang paling besar untuk pet groomer adalah pembelian peralatan. Perlengkapan dasar yang diperlukan untuk bisnis perawatan rambut antara lain gunting, gunting, sikat, sampo, kondisioner, semprotan, pengering, gunting kuku, dan produk pembersih telinga. Salon juga biasanya dilengkapi dengan mesin cuci, pengering, bathtub, meja perawatan profesional, dan sangkar.

Peralatan seperti pengering, bak, dan meja masing-masing dapat berharga lebih mahal tergantung pada ukuran dan kualitas.


Mobilitas

Jika kamu berencana membuka sebuah tempat permanen untuk bisnis ini, pastikan kamu membuka di tempat yang mudah dijangkau. Dalam perkembangannya, pet groomer mobile sekarang lebih diminati. Karena orang-orang jaman sekarang menjalani kehidupan yang sangat sibuk dan lebih banyak orang sekarang mencari kenyamanan dan kemudahan dalam merawat hewan peliharaan mereka.

Ini juga berpotensi menjadi pilihan yang lebih baik untuk hewan peliharaan yang kerap mengalami stress saat bepergian dan duduk di dalam kandang selama berjam-jam untuk antrian.


Pemasaran

Faktor terpenting dalam bisnis adalah pemasaran. Kamu perlu memberi tahu semua orang mengenai bisnis yang sedang kam jalani. Untuk mendapatkan pasar yang tepat sasaran, kamu bisa bekerja sama dengan dokter hewan atau pet store terdekat.

Pemasaran secara online juga penting untuk kamu lakukan, antara lain membuat akun media sosial atau mendaftar di Petskita.

8 views