Tips Merawat Kucing Tua


Butuh perhatian ekstra untuk merawat kucing tua, terutama untuk masalah kesehatan mereka. Semakin bertambahnya umur, pola hidup dan kebiasaan mereka akan berubah seiring waktu.

Istilah “senior” kerap dipilih menggambarkan kucing tua. Mereka dianggap tua ketika mereka berusia antara 11 dan 14 tahun. Namun beberapa dokter hewan memiliki pedoman waktu yang berbeda-beda. Untuk itu kami merangkum panduan singkat mengenai ini.


Jadwalkan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Jika kamu telah berlangganan dengan dokter hewan, pasti mereka mengenal dan mengetahui sejarah kesehatan kucing kamu. Dokter hewan dapat mendeteksi perubahan yang mengindikasikan gangguan kesehatan seiring kucing kamu bertambah tua. Perlu kamu ingat bahwa 6 bulan dalam tahun kucing setara dengan 2 tahun kucing.



Pelajari Perubahan Perilakunya

Secara naluri, kucing sangat ahli dalam menyembunyikan penyakit. Seringkali perubahan dapat mudah terlewatkan. Seiring waktu mereka bertambah, untuk merawat kucing tua perhatikan perubahan perilakunya. Seperti perubahan tidur, seringkali bersembunyi, perubahan nafsu makan, dan lainnya.


Buat Lingkungan Senyaman Mungkin

Layaknya semua mahluk hidup, bertambah tua mempengaruhi faktor fisik. Untuk itu perhatikan pula lingkungan untuk kucing tua kamu, dan buatlah dia senyaman mungkin. Biasanya mereka akan lebih banyak meluangkan waktu untuk tidur, maka dari itu siapkanlah bantal atau tempat untuk dia beristirahat. Selain itu letakkanlah mangkok minum dan mangkok makan tak jauh dari lokasi tidurnya.


Perhatikan Nutrisi Makanan

Ini adalah permasalahan yang timbul seiring bertambahnya adalah, kucing tua tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik dan mencerna kibble berukuran besar. Perhitungkan mengenai keseimbangan nutrisi dengan mengkonsultasikannya pada dokter hewan kepercayan kamu.