Tips Latihan untuk Kesehatan dan Kebugaran Anjing


Latihan untuk anjing peliharaan sangatlah penting untuk kesehatan. Namun, jumlah latihan untuk setiap anjing itu berbeda, tergantung kesehatan, umur, dan jenis anjing. Bila memungkinkan, berkonsultasilah dengan dokter hewan untuk mengetahui latihan yang paling cocok untuk anjingmu. Di bawah ini ada beberapa tips untuk latihan bareng anjing kesayanganmu, yuk disimak!


1. Susun Jadwal untuk Latihan

Pawrents, pernahkah kamu sudah bertekad untuk latihan bareng anjing kesayangan kamu tapi masih sering kelupaan? Jika iya, menyusun jadwal dapat mengurangi kelupaan latihan loh. Kamu bisa menyusun jadwal di kalender ataupun di handphone kamu dan menyalakan notifikasi agar tidak ada sesi latihan yang terlupakan.


2. Gunakan Bola atau Mainan Ketika Latihan

Anjing sangat suka berjalan-jalan, dan kegiatan tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan mereka. Supaya jalan-jalannya semakin menyenangkan, Pawrents boleh banget dong mengambil beberapa mainan. Mainan dapat menambah keseruan kegiatanmu dan juga memberi latihan yang cukup untuk anjing kesayangan kamu. Mainan yang dapat kamu gunakan dapat berupa bola, mainan berbunyi, dan mainan gigit.


Baca Juga: 5 Manfaat Mengajak Anjing Berjalan Jalan Setiap Hari


3. Latihan dalam Ruangan (Indoor)

Hujan atau malas keluar rumah bukan alasan untuk tidak latihan ya, Pawrents! Ada banyak latihan yang dapat kamu dan anjing kesayanganmu lakukan di dalam ruangan. Kamu bisa mencoba latihan seperti menari bersama, latihan kelincahan, atau berlari naik dan turun tangga. Walaupun di dalam rumah, kamu tetap bisa latihan dengan menyenangkan!


4. Beri Makanan pada Waktu yang Tepat

Memberi makan anjingmu sebelum latihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan, bahkan torsio lambung (kembung) yang cukup bahaya bagi anjing. Jika keadaan memaksa, kamu dapat memberi anjing makan setidaknya 30 menit sebelum berlatihan. Begitu juga setelah latihan, tunggulah 30 menit untuk memberi anjing makan.


Baca Juga: Solusi Jika Anjing Berhenti Makan


5. Ketahui ketika Latihan sudah Cukup

Jangan berikan latihan yang berlebih kepada anjingmu ya, apalagi jika mereka memiliki penyakit bawaan, cedera, atau sudah berumur. Perhatikan jika anjing terengah-engah dengan berlebihan, berjalan pincang, atau mulai melambat, itu tandanya untuk berhenti. Saatnya untuk pulang dan memberikan istirahat yang cukup untuk anjing kesayangan kamu.


Pawrents sudah tahu kan 5 tips agar latihan bareng anjing makin menyenangkan? Segera dipraktikkan ya demi kesehatanmu dan juga si anjing kesayangan!


Sumber:

https://petlifetoday.com/how-much-exercise-do-dogs-need/

6 views