Tanda Kucing Kamu Terinfeksi Kutu


Bagaimanapun juga kutu adalah hewan parasit, mereka menyerang hewan maupun manusia. Sebagai pemilik kucing, wajar saja jika kamu khawatir kucing kamu terserang kutu. Tapi jangan panik! Kami telah menyusun panduan yang akan menjelaskan semuanya. Bagaimana kucing kamu dapat terserang kutu, dan tanda kucing kamu terinfeksi kutu. Sekaligus cara menanganinya.


Bagaimana Kucing Dapat Terjangkit Kutu?

  • Kutu hinggap saat kucing kamu bermain di luar rumah.

  • Kutu hinggap di pakaian manusia. Saat kamu berada di luar rumah dan bertemu hewan/kucing lain yang terinfeksi kutu.

  • Kutu dewasa dapat melompat dari kucing satu ke kucing lainnya jika berdekatan


Apa Tandanya Jika Kucing Terinfeksi Kutu?


Sering Menggaruk, Menjilat, dan Menggigit Bulu

Kutu menyebabkan kucing merasa gatal, gelisah, dan jengkel. Itulah sebabnya tanda tersebut adalah salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah kucing kamu terinfeksi kutu. Apalagi jika perilaku tersebut dilakukan secara berlebihan, dapat menyebabkan infeksi yang dapat berbahaya.


Bulu Rontok dan Iritasi Kulit

Jika sudah terjadi tanda ini, maka itu sudah menjadi tanda infeksi yang serius. Jika ini terjadi, sebaiknya kamu secepatnya menghubungi dokter hewan atau groomer kepercayaan kamu.


Perubahan Perilaku

Perubahan mood dan perilaku lainnya adalah cara lain untuk mengetahui apakah kucing kamu terinfeksi kutu. Seperti tanda sebelumnya, kutu dapat menyebabkan gatal dan iritasi, yang dapat membuat kucing kamu jengkel dan gelisah.


Bintik Hitam di Bulu

Kamu dapat mengetahui apakah kucing kamu terinfeksi kutu adalah melihat apakah terdapat bintik hitam di bulunya atau di alas tidur mereka. Bintik hitam tersebut adalah kotoran kutu, yang mengandung darah yang tidak tercerna dari kucing kamu.


Gusi dan Hidung Pucat

Kucing yang telah terinfeksi kutu yang parah biasanya memiliki gusi yang pucat. Gusi yang pucat adalah pertanda anemia, karena kutu yang menjangkit akan mengkonsumsi darah sebagai makanan mereka.


Bagaimana Cara Menanganinya?

Periksa tanda diatas, jika kucing kamu menunjukkan gejala, sebaiknya segera bertindak, terutama jika kamu tidak melindungi mereka atau rumah kamu. Kutu betina dewasa dapat bertelur hingga 50 telur per hari, sehingga satu kutu dapat dengan cepat berubah menjadi ratusan jika tidak ditangani. Segera hubungi dokter hewan terpercaya untuk masalah ini.