Tanda Kucing Cacingan


Walaupun cacingan adalah penyakit umum pada kucing, masalah ini dapat menjadi serius bila tidak segera ditangani. Untuk itu kamu harus cermat untuk mengenali tanda apabila kucing kamu mengalami masalah cacingan. Cacing adalah parasit pada tubuh makhluk hidup, tak terkecuali kucing. Mereka dapat mencuri nutrisi dan menyebabkan infeksi, bahkan dapat menular apabila sudah pada tahap yang serius.


Bagaimana Kucing Dapat Terinfeksi Cacing?

Baik kucing dalam ruangan maupun kucing luar ruangan berisiko terinfeksi dan tertular cacing. Infestasi tergantung pada jenis cacing, tapi pada umumnya, kucing terjangkit cacing dengan bersentuhan dengan kutu, telur, atau partikel yang terinfeksi dalam kotoran (pup).


Kutu

Jika kucing kamu mempunyai kutu, mereka juga beresiko untuk cacingan. Faktanya, cara yang paling umum bagi kucing untuk terjangkit cacing adalah dengan menelan kutu yang telah terinfeksi telur cacing. Kutu yang telah terinfeksi telur cacing, kemudian akan tertelan saat kucing menjilati bulu mereka.


Dari Berburu & Lingkungan Luar Rumah

Hewan pengerat seperti tikus, burung, dan bahkan serangga memakan telur parasit. Namun hewan pengerat ini dikenal sebagai inang sekunder atau perantara. Ketika kucing terkena kontak atau memakan hewan ini saat berburu dan bermain di luar rumah, parasit berupa telur cacing akan berkembang di usus kucing.


Dari Air Susu Induk

Sayangnya, anak kucing yang dipelihara di dalam rumah juga rentan cacingan. Karena jika induk terjangkit cacing dan tidak segera ditangani, mereka dapat menularkan larva cacing kepada anak-anak mereka.


Apa Tanda Kucing Cacingan?

Ada berbagai tanda atau gejala yang mungkin ditunjukkan kucing kamu jika terinfeksi cacing, tetapi yang paling umum biasanya diare dan muntah. Tanda lain jika kucing kamu cacingan meliputi:

  • Penurunan berat badan

  • Perut buncit

  • Batuk

  • Dehidrasi

  • Pup berdarah

  • Bulu kusam

  • Hidung & lidah pucat


Itulah tanda jika kucing kamu cacingan, namun infeksi parasit usus cukup tidak spesifik. Dan kucing dewasa yang terinfeksi cacing mungkin tidak menunjukkan gejala klinis sama sekali. Meskipun parasit usus pada kucing dewasa umumnya tidak mengancam jiwa, terdapat kasus yang parah dapat menyebabkan kematian.


Jika kucing kamu mengalami tanda-tanda diatas, segera hubungi dokter hewan kepercayaan kamu.


35 views