Tanaman yang Ternyata Beracun Bagi Burung

Jika kamu adalah Pawrent yang memelihara burung dan memiliki hobi bercocok tanam, artikel ini wajib kamu baca! Dalam memelihara burung beo atau burung peliharaan lainnya, kamu sebaiknya berhati-hati dalam memilih jenis tanaman yang akan kamu tanam di rumah, karena sebenarnya banyak tanaman hias yang beracun bagi burung.

Efek keracunan pada burung bergantung pada jenis tanaman hias yang dimakan, ukuran burung, dan seberapa banyak tanaman yang dimakan oleh burung tersebut. Umumnya, keracunan ini memiliki gejala utama gangguan gastrointestinal, yang merupakan gangguan pencernaan dan dapat dengan mudah menjadi penyakit fatal.

Berikut adalah beberapa tanaman yang umum ditanam yang beracun bagi peliharaan burung.

Bunga Amarilis

Melihat bunga amarilis tumbuh dari kuntum hingga mekar adalah sebuah pengalaman berkebun yang menyenangkan. Namun, tanaman amarilis berisiko membahayakan burung peliharaanmu. Jika termakan oleh burung, tanaman ini dapat menyebabkan muntah, diare, anoreksia, air liur berlebihan, dan gangguan lainnya.

Bunga Daffodil

Daffodil adalah bunga yang populer dan memiliki warna yang indah, namun bunga ini dapat menimbulkan masalah bagi burung peliharaan jika termakan. Bunga ini mengandung lycorine kimia yang bersifat beracun dan bahkan mematikan, tergantung pada banyaknya tanaman yang terkonsumsi. Burung yang memakan tanaman Ini dapat menderita masalah pencernaan yang akut dan kejang.

Daun Ivy

Ivy hijau yang subur adalah salah satu tanaman dekorasi yang terkenal dan banyak ditanam di rumah. Meskipun tanaman ini menambahkan aksen segar dan asri pada ruangan, beberapa jenis ivy (termasuk ivy Inggris) dapat membahayakan burung peliharaan. Jika terkonsumsi, burung dapat menderita masalah pencernaan seperti muntah, sakit perut, diare, serta hipersalivasi.

Morning Glory

Bunga-bunga indah berwarna biru, ungu, atau putih ini sangat indah untuk dilihat, tetapi sebenarnya dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan burung peliharaanmu lho, Pawrent. Pertimbangkan dan berhati-hatilah jika kamu ingin membeli benih morning glory untuk ditanam, karena tanaman ini mengandung bahan kimia berbahaya yang mirip dengan zat LSD.

Philodendron

Tanaman yang cukup umum ditanam di Indonesia ini adalah tanaman hias yang dapat menambahkan suasana hijau ke rumahmu, akan tetapi tumbuhan ini sebenarnya tidak aman untuk burung. Semua bagian dari tanaman ini beracun dan dapat menyebabkan iritasi serius pada mulut burung, seperti kesulitan menelan dan bernapas, muntah, dan beberapa gejala lainnya. Jika terkonsumsi oleh burung dalam jumlah besar, tanaman ini dapat menyebabkan koma bahkan kematian.

Itulah beberapa tanaman yang beracun bagi burung. Selain tumbuhan diatas, masih ada tumbuhan lain yang juga memiliki efek buruk untuk peliharaan burung. Jika kamu merasa burung peliharaanmu menelan sesuatu yang beracun, segera hubungi dokter hewan. Meskipun begitu, pencegahan adalah hal yang paling penting. Yuk kenali jenis-jenis tanaman agar burung peliharaanmu tetap sehat dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Pawrent!

Source: https://www.thesprucepets.com/common-plants-that-are-toxic-to-birds-390817



9 views