Tahap Pertumbuhan Anjing



Bagi pemilik anjing, sangat penting untuk menyadari apa yang mereka butuhkan di setiap fase atau tahap pertumbuhan mereka. Seperti layaknya manusia, anjing membutuhkan perawatan dan perlakuan yang baik untuk berkembang hingga dewasa. Berikut adalah rangkuman singkat kami tahap pertumbuhan anjing dari lahir hingga dewasa.


Neonatal (usia 0-3 minggu)

Dalam tahapan ini, anak anjing akan memiliki ketergantungan penuh terhadap induknya. Setelah melewati 2 minggu atau 14 hari, anak anjing akan secara bertahap mengembangkan indera mereka. Mata akan perlahan membuka dan mulai melihat, dan akan mulai merespon bau, suara, dan rasa.

Secara perlahan, temperatur badan mereka akan naik dan akan menjadi semakin aktif. Tahap pertumbuhan anjing di usia ini, mereka akan mulai belajar berjalan meskipun sering tersandung dan terpeleset.


Yang harus kamu lakukan pada tahap ini:

Penanganan secara rutin, dan hendaknya dilakukan secara lembut. Sentuhan secara lembut dapat membantu anak anjing untuk mengenali manusia dan lingkungan di sekitarnya.


Awareness/Kesadaran (usia 4 minggu)

Selama tahap kesadaran ini, anak anjing mulai mengembangka indera mereka. Dan mereka akan menggunakan indera mereka untuk mulai berinteraksi dengan dunia baru. Dalam tahap ini, keingintahuan mereka akan berkembang pesat.

Dalam tahap pertumbuhan anjing pada usia 3 minggu, otak anak anjing semakin berkembang untuk memulai pembelajaran mengenai hal-hal signifikan dari indera mereka. Secara perlahan, anak anjing akan mulai menjelajah untuk mempelajari hal-hal baru lainnya.


Yang harus kamu lakukan pada tahap ini:

Perkenalkan secara bertahap suara, bau, dan hal lainnya yang dapat merangsang indera mereka. Namun lakukan ini secara lembut dan pelan-pelan saja, selain itu selalu awasi mereka agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.


Sosialisasi (usia 4-5 minggu)


Dimulai sekitar waktu yang sama dengan tahap kesadaran, anak anjing akan mulai memasuki periode sosialisasi secara intens. Tahap ini adalah waktu yang paling kritis dari tahap pertumbuhan anjing. Selama tahap inilah anak anjing akan belajar bagaimana menjadi seekor anjing.


Berinteraksi dengan induk dan saudaranya sangat penting pada fase ini. Melalui respons dari interaksi ini, anak anjing akan belajar, bermain, dan menggigit. Anak anjing juga akan belajar mengenai hirarki secara sosial, dan mulai membedakan antara sesama anjing dan teman manusia.


Yang harus kamu lakukan pada tahap ini:

Sangat penting bahwa anak anjing tetap bersama induknya dan teman-temannya selama periode perkembangan ini. Anak anjing yang dipisahkan secara prematur dari induknya sering kali mengalami kesulitan untuk mengembangkan perilaku yang sesuai di kemudian hari dan mungkin cenderung terlalu agresif.

Selalu pastikan juga untuk menyediakan makanan alternatif, karena selama fase ini induk akan mulai menyapih anak-anaknya. Mulailah dengan makanan cair atau basah kemudian bertahap ke makanan padat.



Sosialisasi Dengan Manusia (usia 3-4 bulan)

Anak anjing pada usia ini, sepenuhnya disapih dari induk mereka. Mereka akan mulai makan makanan padat dan mulai mandiri sebagai anjing muda/remaja. Perkembangan intelektual mereka telah matang dan mereka akan belajar dengan cepat.

Kebiasaan, sosialisasi, dan perilaku yang penting akan terbentuk selama periode ini. Karakter mereka akan terbentuk dan matang hingga dewasa kelak.


Yang harus kamu lakukan pada tahap ini:

Sekaranglah waktunya untuk pembelajaran yang konsisten serta penguatan secara positif. Dimulai dari perintah dasar seperti “duduk”, “diam”, dan lainnya. Dengan pengajaran yang sabar dan pemberian imbalan seperti gosokan atau cemilan. Perlu untuk kamu ingat, pada usia ini mereka masih memiliki rentang perhatian yang relatif pendek, jadi untuk latihan ini harus dilakukan secara konsisten.

Periode ini juga merupakan periode terpenting untuk menjalin ikatan dengan manusia. Berinteraksi sebanyak mungkin dengan orang lain atau hewan lain pada tahap ini dapat membantu untuk mengurangi perilaku agresif pada anjing.


Mandiri/Remaja (usia 4-6 bulan)

Periode pra-remaja ini ditandai dengan peningkatan kemandirian dan kepercayaan diri secara bertahap. Anak anjing akan menjelajah lebih jauh dan lebih jauh dari biasanya, didorong oleh rasa ingin tahunya sendiri dan kepercayaan diri yang meningkat.

Namun dalam tahap pertumbuhan anjing di usia ini, mereka akan mulai mengenal rasa takut. Mereka akan mengembangkan perilaku negatif jika tidak ditangani secara hati-hati.


Yang harus kamu lakukan pada tahap ini:

Usia ini sangat ideal untuk mengebiri/memandulkan anjing kamu, namun tentu saja ini adalah pilihan yang opsional. Ajaklah mereka untuk sering berjalan-jalan keluar dan berinteraksi dengan orang lain. Namun jaga agar semua interaksi tetap positif agar tidak memicu respon ketakutan yang akan terbawa hingga mereka dewasa.