Seberapa Sering Anjing Harus Mandi?


Seperti yang diketahui semua pemilik anjing, jarang sekali anjing mereka tetap bersih untuk waktu yang lama. Anjing memiliki keinginan untuk berguling-guling, menyukai genangan berlumpur, dan berlarian di luar rumah.

Jika anjing kamu bisa membuat daftar hal-hal yang paling tidak disukainya untuk dilakukan, mandi mungkin akan menjadi pilihan teratas. Karena memandikannya cenderung berujung berantakan, memakan waktu, dan merepotkan. Jadi kebanyakan pemilik anjing sering bertanya-tanya, “seberapa sering harus memandikan anjing?”.


Kapan Saat yang Tepat?

Meskipun tidak ada ilmu pasti yang dapat diterapkan pada setiap anjing, secara umum disarankan agar kamu memandikannya setidaknya dua bulan sekali. Tidak masalah jika kamu memandikan mereka hingga sekali seminggu, asalkan kamu menggunakan sampo yang lembut dan kamu tidak melakukannya secara berlebihan.


Sama seperti manusia, pembersihan berlebihan bisa juga menjadi berbahaya. Layaknya manusia, anjing perlu menambah jumlah minyak alami di rambut dan kulitnya agar tetap sehat. Anjing kamu mungkin tidak perlu dikeramas begitu ada noda kotoran di bulunya. Mereka memiliki naluri alami untuk menjaga kebersihan bulunya sendiri.

Sebelum kamu mengatur jadwal untuk memandikan anjingmu, ada beberapa hal yang menjadi faktor untuk kamu pertimbangkan.


Tingkat Aktivitas

Saat bermain atau berjalan-jalan, ada tipe anjing yang suka berlarian dan berguling-guling. Ada juga yang sekedar menemani berjalan dengan normal. Untuk itu perhatikan tingkat seberapa kotor yang dialami oleh anjing kamu.


Jenis & Panjang Bulu

Ras anjing yang memiliki bulu panjang, ikal atau keriting, akan memerlukan perawatan yang lebih untuk menghindari bulu yang kusut. Rupanya bulu yang kusut juga dapat menimbulkan kutu dan bakteri yang dapat mengancam kesehatan anjingmu. Dikutip dari PetMD, untuk anjing jenis ini dianjurkan untuk dimandikan setiap satu bulan dan disisir bulunya setiap dua minggu.


Sedangkan untuk anjing berbulu pendek, mereka secara alami memproduksi minyak untuk melindungi bulunya. Dan untuk mencegah minyak yang menumpuk di bulunya, tak masalah jika kamu memandikan mereka setiap minggu.


Alergi & Masalah Kulit

Beberapa anjing yang mempunyai alergi atau kondisi kulit yang mungkin memerlukan mandi rutin dengan shampoo obat. Dalam kasus ini, frekuensi mandi anjing yang tepat akan bergantung pada petunjuk yang diberikan oleh dokter hewan kamu.

Anjing dengan kulit gatal mungkin juga merasa lega setelah mandi secara teratur dengan shampoo berbahan khusus. Begitu pula kondisi jika anjing kamu memiliki parasit kutu atau jamur.


Bagaimana Cara Memandikan Anjing?

Pertama, tentukan dulu lokasinya. Apakah kamu mau memandikannya diluar rumah atau di dalam kamar mandi. Lalu pastikan anjing kamu dapat berdiri dengan baik dalam kondisi kalung yang terikat. Agar anjing kamu tidak dapat melompat atau tiba-tiba melarikan diri.

Selanjutnya, pastikan kamu menggunakan shampoo yang tepat. Hindari shampoo atau sabun untuk bayi untuk mencegah iritasi. Atau kamu juga bisa konsultasikan ke pet store dan dokter hewan mengenai jenis shampoo yang akan digunakan.


Basahi seluruh badan anjing kamu, lakukanlah dengan lembut dan sabar agar mereka tidak merasa panik. Berikan shampoo dan kemudian bilas seperti biasa. Lalu keringkan badannya dengan handuk sampai tuntas. Dalam proses pengeringan, kamu bisa gunakan juga pengering rambut, sembari menyisir dan menyikat bulunya.