Ras Anjing yang Ramah untuk Anak

Updated: Sep 3, 2021


Selain menjadi teman bermain yang baik, anjing dapat memberi pelajaran kepada anak-anak mengenai tanggung jawab, kasih sayang, dan kerja sama. Namun setiap ras anjing memiliki perbedaan karakter. Beberapa ras cocok untuk orang lanjut usia, untuk orang-orang yang aktif, sementara ada beberapa ras anjing yang memang cocok untuk anak-anak.

Selain menjadi teman bermain yang baik, anjing dapat memberi pelajaran kepada anak-anak mengenai tanggung jawab, kasih sayang, dan kerja sama

Nah, untuk menentukan kriteria ras anjing yang sesuai, kamu dapat melihat faktor ukuran, tingkat energi, dan usia. Jika kamu berencana menyambut anjing baru di rumah untuk anak-anak, simak rangkuman kami dibawah ini.


Labrador Retriever




Labrador retriever adalah salah satu ras anjing yang populer di dunia. Alasannya tepat, karena mereka suka bermain, penyabar, protektif, dapat diandalkan, dan penyayang. Kelebihan lainnya yaitu, mereka adalah ras anjing yang cerdas. Labrador retriever dapat mengikuti perintah dan mudah untuk dilatih.


Ras anjing ini memerlukan banyak latihan (mereka senang berlarian & berenang). Jadi jika kamu berencana untuk mengadopsi ras anjing ini, pastikan mereka memiliki ruang untuk bermain dan berlatih.


Labrador hitam, coklat, putih, atau kuning, mereka memiliki karakter yang sama. Ras anjing ini pun juga rukun dengan anjing lain. Perawatannya juga tidak merepotkan.


Golden Retriever




Mereka juga merupakan ras anjing yang populer. Golden retriever memiliki sifat percaya diri, cerdas, dan sabar sehingga cocok untuk anak-anak.

Bermain lempar-tangkap adalah favorit mereka. Hampir sama dengan labrador, ras ini senang bermain dan berlarian. Kurang lebih memiliki sifat yang hampir sama dengan labrador retriever.

Kecerdasan dan kepribadian yang menyenangkan dari ras ini menjadikan mereka sebagai ras yang populer di dunia.


Beagle




Ras anjing ini awalnya digunakan sebagai anjing pemburu. Postur badannya yang kecil namun kokoh sangat menunjang, selain itu mereka juga mempunyai indera penciuman yang sangat tajam. Jika kamu menyukai alam bebas dan suka menjelajah, ras anjing ini akan sangat cocok buatmu.


Beagle memiliki temperamen rendah, sehingga cocok untuk anak-anak. Mereka lebih suka bergaul dengan anjing lain daripada berkelompok dalam kawanan.

Merawat anjing ras ini tidak terlalu sulit karena bulunya yang pendek dan ukuran badannya yang kecil. Beagle dapat menjadi anjing yang sempurna untuk keluarga dan anak-anak karena ramah dan tingkat kecerdasannya.


Bulldog




Jika kamu mengetik ‘ras anjing untuk keluarga’, maka bulldog muncul sebagai hasil teratas dalam pencarian di internet. Namanya terdengar menyeramkan, sebaliknya. Bulldog adalah anjing yang setia dan baik hati. Walaupun badannya kokoh, mereka tidak terlalu enerjik malah cenderung suka bersantai.


Karena memiliki karakter yang ramah dan tidak agresif, mereka suka bersosialisasi dengan manusia maupun hewan lainnya. Bentuk wajah yang konyol dan lucu akan mudah untuk memikat siapa saja, terlebih anak-anak.


Karena bentuk wajah dan rahang yang unik, bulldog memerlukan perhatian ekstra. Kamu harus rajin membersihkan gigi dan kotoran yang menumpuk pada lipatan wajah mereka.