Pilih Kibble atau Raw food?

Updated: Sep 3, 2021


Untuk memastikan kesehatan, keaktifan dan kegembiraan anjing kamu, pemilihan makanan tepat adalah hal yang harus pawrent penuhi ya. Hal yang paling utama diketahui adalah kadar nutrisi yang terkandung di tiap jenis makanan ya. Kebanyakan makanan anjing berjenis kibble (olahan makanan anjing kering dalam potongan seragam kecil) banyak beredar di pasar dan menjadi pilihan praktis.


Karena, cakupan gizinya sudah diatur sesuai takaran dan rekomendasi dokter hewan dengan baik yang setara raw food. Tidak menutup kemungkinan makanan mentah atau raw food tersedia juga, beberapa brand tertentu menawarkan formula yang mirip dengan kibble bahkan jenis makanannya bisa dicampur dalam satu wadah. Jadi, pilih yang mana dong antara kibble atau raw food, simak penjelasannya


Raw Food


Raw food terdiri dari daging organ, daging otot, tulang utuh atau daging cincang, telur mentah, buah dan sayuran segar yang aman untuk anjing, beberapa produk susu, seperti yogurt. Raw food mempunyai manfaat seperti kulit lebih sehat, peningkatan kesehatan dental, meningkatkan energi, dan meminimalisir volume kotoran. Jenis bahan makanan tersebut bisa diolah sesuai kreasi pawrents atau rekomendasi dokter hewan ya.


Namun, paw-parent harus bijak memberi makanan khususnya anak anjing. Makanan mentah belum cocok untuk mereka karena butuh waktu lama untuk konsumsi makanannya daripada makanan kemasan konvensional yang sudah dimasak jadi secara komersial. Penanganan, persiapan dan sanitasi makanan mentah harus diperlukan secara cermat. Selain itu, jenis makanan mentah biasanya lebih mahal daripada olahan kibble.


Kibble


Bahan bahan kibble sangat bervariasi tergantung brand, tapi semua kibble anjing diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anjing secara seimbang. Nyatanya nilai kalori dan nutrisi makanan hewan sudah ditakar sesuai rekomendasi dokter hewan. Bahan makanan kibble diproses secara bersamaan dan dimasak.


Kandungannya terdiri dari sumber protein (berasal dari daging sapi, ayam, ikan dan telur), gandum, sereal, vitamin, mineral dan antioksidan. Kibble juga mempunyai manfaat seperti mengurangi plak gigi, gusi sehat, resiko bakteri, hemat biaya, mengurangi risiko pembusukan dan penyimpanan mudah.


Ada banyak kibble yang tersedia. Sama halnya dengan makanan, perlunya membaca label akan membantu pawrents untuk menemukan brand yang cocok untuk anjing. Perlu diingat bahwa bahan utama kibble harus mengandung sumber protein tunggal atau baru seperti daging kambing, ayam, atau salmon sebagai bahan makanan pertama kibble


Ada juga bahan makanan bebas dari biji-bijian tetapi asupan karbohidrat penting untuk energi khususnya pertumbuhan cepat, ras anak anjing besar, dan anjing yang aktif. Namun, pemilihan biji bijian sangat penting, beberapa anjing punya sensitivitas terhadap tepung, jagung, dan kedelai.


Semua makanan anjing kering membutuhkan pengawet untuk mencegah lemak menjadi tengik. Beberapa bahan pengawet yang umum digunakan sempat menjadi kontroversi, seperti ethoxyquin, BHA, dan BHT. Makanan kering cenderung menggunakan pengawet yang lebih alami, seperti tokoferol (vitamin E), asam sitrat (vitamin C), dan ekstrak rosemary. Masa simpan makanan ini mungkin terpengaruh, jadi selalu baca label di tas dan periksa tanggal kadaluarsa. Hindari membeli makanan dalam jumlah berlebihan pada satu waktu jika tidak akan digunakan tepat waktu.