Pertumbuhan Gigi Berlebih Pada Kelinci



Tahukah sobat Petskita, kelinci memiliki gigi yang tidak pernah berhenti tumbuh dan ini bisa menjadi masalah. Mengetahui cara menjaga gigi kelinci kalian tetap rapi dan apa yang harus dilakukan jika terlihat terlalu banyak dapat membantu mencegah terjadinya masalah serius.


Gigi Kelinci Normal

Kelinci memiliki 28 gigi permanen. Sebagian besar herbivora, termasuk kelinci, marmut, dan kuda, memiliki gigi yang panjang dan terus tumbuh di atas dan di bawah garis gusi. Gigi depan disebut gigi seri dan biasanya yang paling terlihat tetapi kelinci juga memiliki gigi geraham di belakang mulutnya yang bisa menjadi masalah karena lebih sulit dilihat.


Bagaimana Pertumbuhan Gigi Kelinci Bisa Berlebih?

Tindakan penggilingan alami terjadi ketika kelinci mengunyah tanaman berserat dan biasanya membuat giginya cukup turun sehingga mereka tetap pada panjang yang ideal meskipun terus tumbuh. Tetapi kelinci peliharaan sering kali harus dipotong giginya secara manual karena alasan kesehatan,lingkungan, dan faktor genetik.


Meskipun banyak gigi kelinci kalian dapat bertumbuh menjadi terlalu panjang, gigi seri adalah yang paling mudah dikenali saat tumbuh terlalu besar. Mereka mampu tumbuh begitu lama sehingga mereka bisa mulai meringkuk dan menonjol di antara bibir kelinci kalian. Ini adalah masalah karena mereka mungkin tersangkut pada hal-hal seperti jeruji kandang, atau lebih buruk lagi, tumbuh di gusi kelinci atau langit-langit mulutnya.


Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Pelihara Kelinci


Tapi sama seperti gigi seri, gigi geraham juga bisa mencapai tumbuh dengan panjang yang berlebihan. Gigi geraham sulit dilihat tanpa menggunakan alat khusus yang disebut spekulum untuk melihatnya di bagian belakang mulut sehingga pemilik kelinci tidak sering mengetahuinya. jika gigi ini ditumbuhi. Kelinci dan hewan peliharaan eksotis lainnya dengan gigi geraham yang tumbuh terlalu besar cenderung dapat ngiler berlebihan dan mengalami kesulitan mengunyah dan menelan, jadi ini adalah tanda yang harus diperhatikan pada kelinci kalian. Jika kelinci tidak bisa makan, ileus dapat berkembang dengan cepat menyebabkan situasi yang mengancam jiwa si kelinci.


Perawatan Gigi Seri yang Berlebih Pada Kelinci

Untungnya, kalian dapat dengan mudah mengatasi gigi seri kelinci yang tumbuh berlebih. Jika dilakukan dengan benar, trim gigi tidak menyakitkan tetapi ada dua metode umum yang digunakan.


1. Gunting Kuku - Metode pertama yang digunakan untuk memangkas gigi kelinci melibatkan penggunaan gunting kuku anjing biasa untuk memotong gigi seperti kalian memotong kuku jari kaki, tetapi metode ini bukan cara yang disukai untuk memangkas gigi. Ada risiko tinggi retak atau pecahnya gigi karena kekuatan yang dibutuhkan untuk menggunakan gunting. Cara ini bisa menimbulkan rasa sakit jika gigi terbelah hingga ke saraf atau dipangkas terlalu pendek.


2. Alat Putar Genggam (Rotary tool) - Metode kedua memerlukan alat putar genggam, seperti Dremel atau bur gigi, untuk memotong gigi berlebih. Metode ini membutuhkan lebih banyak keterampilan dan terkadang memerlukan anestesi atau sedasi untuk menjaga kelinci tetap diam tetapi dapat dengan mudah dilakukan di klinik dokter hewan. Metode ini tidak menyebabkan trauma pada gigi atau saraf. Satu-satunya kekhawatiran adalah kemungkinan trauma pada gusi atau bibir jika alat pemotong secara tidak sengaja menggoresnya atau jika gigi dipotong terlalu pendek. Banyak rumah sakit hewan peliharaan eksotis melakukan pemotongan gigi dengan biaya murah tetapi kelinci kalian mungkin perlu dibius agar prosedurnya dilakukan dengan aman dan benar.


Perawatan Gigi Geraham yang Berlebih Pada Kelinci

Memangkas gigi geraham kelinci lebih sulit daripada memotong gigi seri. Gigi geraham tidak mudah dilihat oleh pemilik kelinci sehingga gigi geraham yang tumbuh terlalu besar mungkin tidak terlihat sampai kelinci mengalami masalah makan atau mengeluarkan air liur. Seorang dokter hewan akan menggunakan spekulum untuk memvisualisasikan geraham dan memastikan bahwa mereka terlalu panjang.


Selanjutnya, kelinci kalian harus dibius agar gerahamnya dipangkas. Bur gigi atau kikir gigi khusus digunakan untuk menggiling gigi ini, tetapi rontgen gigi mungkin juga disarankan untuk melihat apakah gigi yang tumbuh terlalu besar itu sakit dan membutuhkan ekstraksi.


Baca Juga: Bagaimana Merawat Kelinci Dengan Baik


Cara Mencegah Pertumbuhan Gigi yang Berlebih Pada Kelinci

Meskipun tidak ada cara untuk mencegah gigi kelinci kalian terus tumbuh, kalian dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk mencegahnya tumbuh terlalu berlebih.


Pemeriksaan Oral (mulut) - Periksa gigi hewan peliharaan kalian setiap minggu sebaik mungkin jika ada tanda-tanda pertumbuhan gigi berlebih.


Makanan Berserat - Berikan kelinci kalian makanan yang kaya serat untuk membantunya menurunkan giginya dan meniru apa yang akan dimakannya di alam liar. Rumput, sayuran berdaun seperti kangkung, dan jerami semuanya baik untuk kelinci kalian.


Mainan Kunyah (Chew Toys) - Mengunyah sangat penting untuk kesehatan gigi kelinci kalian, jadi sediakan banyak benda yang aman untuk dikunyah. Balok kayu yang aman dan tanaman lainnya, mainan kunyah kelinci khusus, dan mainan kunyah (chew toys) sendiri adalah pilihan yang baik.


Selalu perhatikan kondisi kelinci kalian ya sob. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Sobat Petskita.


Pantau terus blog Petskita untuk info-info seputar small pets lainnya.