Perlukah Hewan Peliharaan sebagai Hadiah?


Apakah kamu pernah, atau sedang berpikir untuk memberikan hewan peliharaan sebagai hadiah? Nah, sekarang mungkin saatnya kamu untuk menimbang kembali keputusanmu. Karena perlu kamu ketahui bahwa memiliki hewan peliharaan diiringi juga dengan tanggung jawab yang besar. Kucing dan anjing merupakan hewan yang sering digunakan sebagai hadiah, namun tak sedikit pula dari mereka yang hanya berakhir di shelter atau bahkan dibuang. Tidak masalah jika kamu memberikan hewan peliharaan sebagai hadiah selama orang itu memang menginginkannya dan bersedia untuk berkomitmen terhadap hewan itu.


Menurut ASPCA, “Salah satu misi utama sebagian besar organisasi kesejahteraan hewan adalah mengadopsi hewan. Jadi tak masalah jika hewan digunakan sebagai hadiah, karena itu merupakan jalan untuk hewan agar memiliki kesempatan untuk disayangi.”. Menurut mereka, adopsi adalah win-win solution baik untuk shelter maupun hewan terlantar itu sendiri.


Salah satu misi utama sebagian besar organisasi kesejahteraan hewan adalah mengadopsi hewan. Jadi tak masalah jika hewan digunakan sebagai hadiah, karena itu merupakan jalan untuk hewan agar memiliki kesempatan untuk disayangi

Pertimbangkan dengan Matang

Jadi, apa cara yang tepat untuk memberi seseorang seekor anjing, kucing, atau hewan lain? Sebelumnya, inilah yang perlu kamu ketahui sebelum membuat keputusan besar.

Tentu semua orang gemas dan senang ketika melihat hewan-hewan lucu yang ada di internet. Namun sekali lagi kamu harus pastikan, apakah penerima benar-benar ingin memiliki hewan peliharaan? Atau kamu bisa tanyakan kepada diri sendiri apakah penerima benar-benar mempunyai minat dan komitmen yang kuat untuk merawatnya? Jika masih ragu, sebaiknya urungkan dulu niat kamu.


Jenis Hewan yang Disukai

Ketahui terlebih dahulu jenis hewan yang disukai oleh penerima. Apakah itu kucing, anjing, burung, atau ikan hias? Jika kamu memberikan hewan yang salah, itu hanya akan memperburuk keadaan. Bisa jadi penerima mempunyai alergi atau phobia terhadap hewan tersebut.


Berapa Umur Penerima?

Usia dan gaya hidup seiring berjalan berdampingan. Jadi, pertimbangan tentang berapa usia calon penerima mungkin dapat membantu kamu menentukan. Pertimbangan usia ini menentukan kebutuhan dan kemampuan mereka dalam merawat hewan peliharaan. Seorang lansia misalnya, mungkin bagus untuk menikmati waktu dengan anjing peliharaan. Tapi secara fisik tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan aktivitas anjing tersebut. Jadi, faktor ras juga memegang peranan penting dalam hal ini.

Di sisi lain, jika anak-anak adalah yang menerima hadiah hewan peliharaan. Mereka mungkin memiliki energi yang cukup, namun belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk merawat hewan tersebut. Dalam kasus ini, bimbingan orang yang lebih tua sangat diperlukan untuk tanggung jawab itu.


Aktivitas Penerima

Apakah penerima sering bepergian, atau hanya dirumah? Apakah penerima adalah orang yang sibuk, atau banyak memiliki waktu luang? Hal ini perlu diketahui sebagai pertimbangan kamu. Kembali lagi, jenis hewan dan ras juga memiliki peran penting untuk menyesuaikan dengan aktivitas dan pola hidup mereka.


Sumber Daya Penerima

Anjing dan kucing adalah hewan yang membutuhkan banyak perawatan. Selain pakan dan kebutuhan sehari-hari, banyak juga kebutuhan lain seperti vaksin, grooming, vitamin, dan perawatan tak terduga lainnya. Disini, uang sebagai sumber daya adalah hal penting. Perhatikan juga tempat tinggal penerima, apakah memiliki ruang yang cukup untuk hewan peliharaannya?


Cara Memberikan Hewan Peliharaan

Setelah mempertimbangkan dengan cermat dan matang, kamu memutuskan bahwa memberi hewan peliharaan adalah ide yang baik. Bagus, sekarang tepatnya bagaimana kamu akan melakukannya?


Membungkus hewan kecil di dalam kotak kado adalah cara yang buruk. Hewan tersebut dapat mengalami ketakutan, dan akan menimbulkan kejadian yang tak diinginkan. Kamu bisa menggendongnya dan langsung memberikannya kepada penerima. Ini bisa jadi proses untuk menjalin ikatan yang menyenangkan untuk hewan dan penerima.


Selain itu, kamu juga dapat mengajak penerima untuk mengunjungi shelter hewan terlantar. Kami sangat merekomendasikan pilihan ini, karena penerima dapat memilih hewan yang mereka inginkan. Di samping itu, mengadopsi hewan dari shelter akan mengurangi jumlah hewan yang terlantar.