Perhatikan Hal Ini Sebelum Mempunyai Burung

Updated: Mar 18


Burung memang terlihat menggemaskan, ditambah lagi dengan suara merdu yang dapat mereka nyanyikan. Bahkan terkadang, beberapa orang merasa bahwa burung merupakan peliharaan yang lebih baik dari hewan lainnya. Eits, kenyataannya tidak selalu begitu ya, Pawrent. Memelihara burung juga memiliki tantangan dan masalah yang berbeda dengan peliharaan lain seperti anjing atau kucing. Bagi kamu yang ingin memelihara burung, yuk baca artikel ini agar kamu dapat membuat keputusan yang terbaik.


1. Burung adalah Peliharaan yang Cukup Berisik

Beberapa orang menganggap suara cuitan burung adalah melodi yang merdu, namun ada juga yang pasrah dan menganggap bahwa hal tersebut berisik. Memang benar bahwa suara cuitan burung terdengar menenangkan, namun beberapa jenis burung yang umum dipelihara, seperti parkit atau macaw terkadang dapat membuat suara yang keras. Pawrent dapat mempertimbangkan hal ini dalam memilih spesies burung yang ingin kamu pelihara. Kamu harus bisa mentoleransi suara terkeras dari calon burung peliharaan.

2. Burung adalah Peliharaan yang Cukup Berantakan

Sebagai calon pemilik peliharaan burung, kamu harus tahu bahwa memelihara burung dapat membuat lingkunganmu cukup berantakan. Mereka juga bisa menyia-nyiakan makanan mereka dan melemparnya keluar dari kandang. Hal ini dikarenakan naluri mereka lho, Pawrent. Ketika di alam bebas, burung menjatuhkan makanannya dari atas pohon untuk membantu hewan-hewan di daratan bertahan hidup. Untungnya, kamu cukup perlu menyapu atau menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan makanan yang jatuh. Solusi lainnya adalah menggunakan sarung kandang atau cage skirt untuk mengurangi terjadinya pengotoran lantai.

3. Memelihara Burung memerlukan Sosialisasi yang Teratur

Berbeda dengan kucing atau anjing, burung yang secara naluriah adalah hewan liar memerlukan sosialisasi dengan manusia setiap hari agar dapat menjadi jinak. Kamu sebaiknya mencocokkan kegiatan sehari-harimu dan lihat apakah kamu memiliki waktu untuk peliharaan burung. Burung dapat hidup dengan baik dengan mengikuti jadwal yang tetap setiap harinya. Jika kamu cenderung sibuk dan tidak memiliki waktu, mungkin peliharaan burung tidak cocok untukmu.

4. Burung memerlukan Pola Makan yang Khusus

Memelihara burung bukan sekedar memberikan semangkuk penuh biji-bijian. Agar burung hidup dalam kondisi terbaiknya, buah dan sayur segar juga harus menjadi makanan mereka sehari-hari. Makanan segar bermanfaat dalam memberi nutrisi tambahan, juga memberikan rasa dan tekstur yang dapat melatih pikiran burung yang sekaligus berguna untuk perkembangan psikologisnya.

5. Terkadang, Burung Memiliki Sifat Merusak

Apakah Pawrent tahu bahwa paruh burung selalu bertumbuh sepanjang hidupnya? Oleh karena itulah, paruh burung harus dijaga untuk mencegah pertumbuhan berlebih. Untuk menjaga kesehatan paruh sekaligus melatih otot rahang, seekor burung perlu menggigit. Karena itulah, pemilik peliharaan burung harus teliti dalam menjaga perabot rumah dan barang berharga dari gigitan burung. Jika kamu sudah siap untuk memelihara burung, berilah banyak mainan yang aman dan menyenangkan untuk digigit, dikoyak, dan dirusak olehnya. Dengan demikian, kamu dapat meminimalisir burung peliharaan menggigit atau merusak barangmu, atau bahkan sesuatu yang berbahaya baginya.

Source: https://www.thesprucepets.com/things-to-consider-before-buying-bird-390245