Penyebab Suara Serak pada Kucing dan Perawatannya



Pawrent, mendengar suara kucing mengeong terdengar sangat lucu dan dapat menaikkan mood kita ya. Tapi pernahkah kamu mendengar suara serak pada kucingmu? Jika iya, pasti terasa sedih bercampur panik jika kamu tidak tahu penyebab dan cara mengatasinya. Berikut adalah tiga penyebab umum suara serak pada kucing.

1. Infeksi Saluran Pernafasan Atas

Penyebab yang paling umum serak pada suara kucing adalah infeksi saluran pernafasan atas. Infeksi tersebut umumnya terjadi karena herpesvirus dan calicivirus. Gejala infeksi kedua virus tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bersin,

  • Batuk,

  • Adanya ingus atau cairan hidung,

  • Adanya cairan dari mata,

  • Lesu, dan

  • Tidak nafsu makan.

2. Polip Nasofaring

Polip di bagian ujung tenggorokan adalah penyebab lain suara serak pada kucing. Polip disebabkan pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Jika kucingmu terinfeksi polip, kunjungi dokter hewan agar polip tersebut dapat diangkat dan diobati.


Baca Juga: Cara Menghentikan Mengeong yang Keras pada Kucing


3. Penggunaan Suara secara Berlebihan

Sama seperti manusia, kucing juga dapat menjadi serak lho jika mereka mengeong dengan keras untuk waktu yang lama. Mungkin saja mereka terkurung dalam suatu tempat yang membuat mereka mengeong secara berlebihan. Setelah itu, suara kucing akan sedikit pecah dan serak selama beberapa hari.

Mengobati Serak pada Kucing

Temui Dokter Hewan

Hal pertama yang disarankan jika kucingmu mulai serak adalah membawa mereka ke dokter hewan. Karena terdapat banyak penyebab suara serak, dokter hewan akan mencari penyebabnya dan memberikan pengobatan yang tepat. Jika kucingmu terdiagnosis infeksi saluran pernafasan atas, umumnya dokter hewan akan memberikan antibiotik atau suplemen lysine untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kucing.

Berikan Makanan Basah (Wet Food) untuk Kucing

Makan dapat menjadi hal yang kurang nyaman jika tenggorokan sedang bermasalah. Maka dari itu, berikanlah makanan basah karena lebih lembut untuk tenggorokan kucing yang sedang iritasi.

Baca Juga: Memberi Makan Kucing yang Sakit


Tetap Perhatikan Gejala Lainnya

Penting bagi Pawrent untuk tetap mengawasi kucing yang sedang serak, karena mungkin saja ada gejala lain yang dapat muncul. Jika kucingmu mengalami perubahan selera makan, aktivitas, dan juga mengalami batuk, bersin, mata atau hidung yang basah, segera hubungi dokter hewan kepercayaan kamu ya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Pawrent! Ketika suara meong kucingmu mulai serak, kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan. Kunjungi terus situs Blog Petskita untuk mendapatkan informasi tentang hewan peliharaan!

Sumber: https://petlifetoday.com/vet/my-cats-meow-is-weak-and-raspy/



17 views