Penyebab Kucing Berkelahi dan Cara Menghentikannya



Pawrent, pernahkah kucing-kucingmu secara mendadak berkelahi, padahal biasanya mereka adalah bestie? Kemudian, kamu bingung apa yang menjadi penyebabnya? Umumnya, keributan yang terjadi diantara kucing disebabkan oleh adanya perubahan yang menyebabkan stres dan menyebabkan mereka menjadi agresif. Nah, lakukan langkah-langkah berikut untuk menghentikan agresi pada kucingmu.


1. Pisah Kucing-kucingmu ke alam Ruangan Terpisah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memisahkan kucing-kucingmu. Jika mereka berkelahi dan mendesis satu sama lain, itu berarti mereka memerlukan waktu sendiri. Coba pisahkan mereka selama beberapa hari, bila perlu beberapa minggu. Ingat untuk memisahkan mangkuk makan, minum, dan kotak pasir juga ya, Pawrent!


2. Letakkan Mangkuk Makan Mereka di dekat Pintu

Coba letakkan mangkuk makan mereka di samping kiri dan kanan pintu. Mereka dapat melihat dan mencium aroma satu sama lain meskipun terpisah. Hal ini dapat membantu mereka membiasakan diri terhadap aroma mereka.


Baca Juga: kucing suka pilih-pilih makanan?


3. Tukar Ruangan Kucing

Setelah beberapa hari terpisah, pawrent dapat menukar ruangan mereka. Tujuan utama hal ini adalah membiasakan kucingmu terhadap aroma kucing lainnya.


4. Mulai Buka Pintu dan Lihat Reaksi Mereka

Setelah dipisahkan selama beberapa hari, coba buka pintu secara perlahan dan lihat reaksi mereka. Jika kucing-kucingmu terlihat tenang, kamu boleh mulai membiarkan mereka bermain lagi. Biar mereka makin akrab, kamu bisa berikan makanan seperti wet food atau snack. Namun, jika reaksi mereka malah kembali bertengkar, tutup pintu dan pisahkan lagi selama beberapa hari.

Jika setelah mengikuti langkah-langkah diatas namun kucing-kucing kesayanganmu masih tetap berantem, sebaiknya kamu segera menghubungi dokter hewan ya, Pawrent. Terdapat obat yang dapat menenangkan kucing agar mereka menjadi akur.


Source: https://petlifetoday.com/vet/how-to-stop-cats-from-fighting/

20 views