Penyebab Kucing Bau Mulut


Kembali lagi di artikel Blog Petskita! Pasti banyak Pawrent yang pernah mecium aroma mulut kucingmu, baik sengaja maupun tidak sengaja. Nah, tahukan kamu, aroma mulut kucing bisa menjadi salah satu tanda kucing kamu sedang tidak baik baik saja, khususnya di masalah bagian mulut & pencernaan.


Menurut International Cat Care, 85% kucing memiliki beberapa bentuk penyakit gigi, sehingga tidak heran bau mulut bisa saja terjadi pada kucing. Gigi dan gusi kucing (alias jaringan gingiva) memiliki bakteri alami. Karena kuman ini terus berkembang biak dan sulit dihilangkan dengan menyikat gigi, mereka dapat menyebabkan terbentuknya lapisan plak bakteri pada gigi, yang kemudian akan mengeras menjadi karang gigi.


Baca Juga: Trik Memberikan Obat untuk Kucing


Bakteri di mulut kucing tersebut akan melepaskan senyawa bau setelah mereka memproses partikel makanan sisa. Selain bau mulut pada kucing, bakteri mulut ini juga dapat menyebar melalui darah ke berbagai organ dan menyebabkan infeksi di seluruh tubuh. Terbentuknya karang gigi juga dapat mendorong gusi turun dan melonggarkan akar gigi. Akhirnya, gigi yang longgar itu rontok dan menyebabkan gangguan kesehatan mulut kucing.

Kucing juga dapat mengekspos gigi dan gusinya ke benda asing, mulai dari serangga yang mereka tangkap dan makan hingga benda bukan makanan yang dapat menyebabkan cedera atau luka mulut. Selain itu, kucing juga sering mengalami muntah hairball.

Penyebab bau mulut atau halitosis (nama ilmiah untuk bau mulut) lainnya dapat meliputi tumor mulut, abses dari gigi yang sudah rusak, dan inflamasi gusi.


Baca Juga: Bagaimana Mengenali Jika Kucing Peliharaan Sakit Diam-Diam


Penyebab Sistemik

Sumber bau mulut kucing tidak selalu mudah dideteksi. Beberapa penyebab bau mulut kucing yang lebih umum adalah kondisi medis serius yang memerlukan perawatan medis secepat mungkin.

Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal mempengaruhi sekitar satu dari setiap tiga kucing. Saat fungsi ginjal menurun, zat sisa seperti urea dan amonia akan menumpuk di darah kucing. Hal ini dapat menyebabkan napas kucing berbau seperti urin atau amonia.

Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus adalah penyakit pankreas. Sederhananya, diabetes mellitus adalah kegagalan sel pankreas tertentu untuk mengatur gula darah. Jika napas kucing kamu berbau seperti bau buah, ini adalah tanda ketoasidosis yang mungkin terjadi pada penyakit diabetes. Gangguan ini berpotensi mengancam nyawa kucing lho!

Masalah Gastrointestinal

Napas yang berbau seperti feses dapat terjadi jika si kucing muntah terus menerus, terutama bila ada obstruksi usus. Obstruksi usus adalah gangguan medis yang harus segera ditangani.

Maka dari itu sob, segera kunjungi vet terdekat untuk deteksi penyakit dan pencegahannya ya.