Penyebab Bulu Kucing Rontok


Banyak bulu kucing yang rontok di karpet atau baju kamu? Bulu yang rontok terkadang memang cukup mengganggu, sama halnya dengan kucing kamu. Walaupun ini bukan masalah yang langka, namun ini dapat menjadi tanda bila kucing kamu mengalami masalah kesehatan. Karena indikator kesehatan kucing dapat dilihat dari kualitas kulit dan bulunya.


Apa saja yang menjadi penyebab bulu rontok?


Alergi

Alergi yang menyebabkan bulu kucing hingga rontok biasanya dapat disebabkan oleh perubahan suhu dan pergantian makanan. Perubahan suhu dan pergantian makanan yang terjadi secara tiba-tiba akan memicu kucing kamu untuk beradaptasi dengan merontokkan bulu mereka.


Infeksi kutu dan jamur

Kutu dapat menyebabkan iritasi pada kulit kucing. Saat kutu menggigit, mereka akan menyebabkan luka yang akan memicu rasa gatal. Biasanya mereka akan menggaruk dan menjilati bulu mereka hingga rontok.


Hormon

Terkadang, bulu yang rontok pada juga dapat disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang. Pada kucing yang sedang bunting atau menyusui misalnya. Selama bunting atau menyusui, kucing mengalami perubahan hormon. Namun jangan terlalu khawatir karena bulu mereka akan kembali normal seiring waktu.


Nutrisi tidak seimbang

Pola makan dan asupan makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan kerontokan bulu pada kucing. Mereka membutuhkan lebih banyak taurine dan asam amino untuk menunjang kesehatan bulu. Jadi sebaiknya pilihlah makanan yang tepat untuk kucing kamu.


Bagaimana cara mengatasinya?

Amati dan lakukan pemeriksaan menyeluruh pada kulit dan bulunya setidaknya seminggu sekali. Gunakan sisir bergigi rapat dan belah rambut mereka sehingga kamu bisa melihat setiap bagian.


Jika mereka menggaruk satu area lebih dari yang lain, beri perhatian khusus pada area itu. Pastikan juga tempat tidur, mainan, atau tiang gores tidak menyebabkan masalah karena terlalu kasar pada bulu. Mintalah dokter hewan dan groomer kamu untuk merekomendasikan pengobatan yang aman untuk meredakan rasa sakit dan gatal mereka.

3 views