Penyebab Anjing Tidak Mau Makan

Updated: Jun 6


Terkadang sulit membuat anjing memakan makanan anjingnya yang lengkap dan seimbang. Namun, ada perbedaan besar antara anjing yang pemakan rewel, dan yang berhenti makan sama sekali. Ikuti tips ini untuk memastikan bahwa anjing kamu mendapatkan nutrisi yang dia butuhkan dari tempat yang tepat - makanan anjingnya.

Berikut adalah beberapa penyebab umum rewel makan dan apa yang harus dilakukan untuk mencoba memperbaikinya.

Suka Pilih-pilih Makanan (Picky-eater)

Mirip dengan anak yang menolak makan apa pun kecuali chicken nugget, anjing yang rewel hanya ingin makan makanan yang biasa dia makan. Dia mungkin menolak makan jika kamu tiba-tiba mengganti makanannya atau jika dia diberi makan terlalu banyak sisa meja.

Cuaca Hangat

Jangan khawatir! Nafsu makan anjing akan sedikit menurun di cuaca hangat. Nafsu makannya akan meningkat kembali setelah mendingin.

Baca Juga: Makanan Anjing Buatan Sendiri, Kenapa Tidak?

Perubahan Mendadak Pola Diet
  • Jika kamu membawa pulang anjing baru, pastikan untuk membeli jenis, rasa, dan merek makanan yang dia makan.

  • Jika kamu perlu beralih, campur makanan lama dengan makanan baru, dan perlahan-lahan kurangi jumlah makanan lama selama 7-10 hari.

Memperoleh Makanan dari Tempat Lain
  • Mandikan anjing kamu dengan rasa cinta dan kasih sayang daripada memberikan makanan sisa meja dan camilan.

  • Anjing dikenal suka makan makanan sisa , jadi pastikan untuk menjauhkan kaleng dari jangkauannya.

  • Cobalah untuk memberi makan anjing kamu pada waktu yang sama setiap hari. Ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan seluruh keluarga- tunjuk anggota keluarga tertentu untuk waktu makan tertentu.

Menolak untuk Makan

Di sisi lain, jika anjing kamu benar-benar berhenti makan atau enggan makan hanya dalam jumlah kecil, kamu harus segera menghubungi dokter hewan. Penolakan untuk makan bisa menandakan apa saja mulai dari sakit gigi hingga masalah internal yang serius.

Sumber: https://www.purina.com/articles/dog/health/why-is-my-dog-not-eating