Penyakit yang Umum Diderita oleh Anjing Tua



Apakah Pawrent memiliki anjing yang sudah tua? Atau mungkin Pawrent sedang memikirkan masa depan bersama anjing kesayangan? Semua Pet Lover pasti ingin hidup bersama anabul untuk waktu yang lama. Namun, ketika anabul mulai menginjak usia yang termasuk tua, kita pasti dapat merasa khawatir dengan kesehatan mereka. Biar Pawrent dapat mempersiapkan diri, yuk simak beberapa penyakit yang paling umum diderita anjing tua!


1. Arthritis

Arthritis adalah radang pada sendi dan dapat menyebabkan berkurangnya mobilitas. Pada umumnya anjing dapat menderita arthritis beberapa kali sepanjang hidupnya. Biasanya, penyakit ini menyerang kaki belakang dan punggung, namun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang sendi-sendi lainnya. Hal yang perlu Pawrent jaga adalah berat badan dan jumlah latihan anabul. Selain itu, obat anti radang, nyeri, dan suplemen seperti glukosamin dan chondroitin dapat membantu mengurangi resiko penyakit ini.

2. Gangguan Pendengaran dan Penglihatan

Seiring dengan bertambahnya usia anjing, pendengaran dan penglihatan mereka juga dapat melemah. Bahkan, sebagian besar anjing dapat kehilangan pendengaran dan penglihatan mereka sepenuhnya. Dengan membiasakan mereka dengan bahasa isyarat atau memberikan lingkungan yang nyaman, anabul kesayangan akan menyesuaikan diri dengan baik.


Baca Juga: Memelihara Anjing yang Sudah Berumur


3. Kanker

Sebagian besar anjing berusia lebih dari 10 tahun meninggal karena kanker. Deteksi dini adalah cara terbaik untuk menangani kanker, maka dari itu pemeriksaan rutin ke dokter hewan sangatlah penting ya, Pawrent! Perhatikan juga selera makan, tingkat aktivitas, dan perilaku anabul, kamu patut waspada jika terjadi perubahan pada hal-hal tersebut!

4. Kerusakan organ

Organ seperti ginjal, hati, dan jantung tidak akan bertahan selamanya dan akan melemah seiring dengan bertambahnya usia. Pemeriksaan ke dokter hewan dan pengambilan sampel darah dapat mendeteksi perubahan fungsi organ. Ketika gangguan telah terdeteksi, penyesuaian pola makan dan pengobatan dapat membantu menjaga kesehatan anjing untuk waktu yang cukup lama.


Baca Juga: 5 Penyebab Wajah Anjing Membengkak


5. Berkurangnya Kemampuan Kognitif

Demensia juga terjadi pada anabul lho, Pawrent! Demensia adalah menurunnya daya ingat dan cara berpikir. Pasti terasa menyedikan ya, ketika anabul perlahan mulai memperlihatkan gejala demensia. Berilah anabul makanan yang kaya akan antioksidan dan lakukan interaksi dengan mereka untuk membantu mengurangi resiko demensia.

Pawrent yang memelihara anjing tua sangat disarankan untuk memeriksakan anabul ke dokter hewan paling tidak setiap enam bulan sekali, namun lebih baik setiap tiga sampai empat bulan sekali. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mendeteksi gangguan sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Pawrent!

Sumber: https://petlifetoday.com/how-to-take-care-of-a-senior-dog/

38 views