Penjelasan Perilaku Unik Kucing


Apakah perilaku kucingmu membingungkan, dan bikin kamu frustasi? Tenang, kamu bukan satu-satunya orang yang merasakan itu. Memang kucing adalah hewan yang menarik sekaligus misterius. Mari kita pecahkan dan bahas satu persatu mengenai perilaku unik ini.


Berguling

Kucing kerap dianggap sebagai hewan yang malas, walaupun ada benarnya, mereka sebenarnya adalah hewan yang ekspresif. Kucing tidak ragu-ragu untuk menyatakan perasaannya, terlebih kepada hewan/orang terdekatnya. Jika kucing kamu tiba-tiba ambruk dan berguling, itu bisa berarti dua hal; mereka sedang menandai dengan menempelkan aromanya, atau mereka sedang menginginkan perhatian.


Menunjukkan Pantat

Ada apa dengan menunjukkan pantat dan memperlihatkan pantat? Bukankah itu tidak sopan? Dalam dunia kucing perilaku tersebut merupakan sebuah pujian. Berarti mereka merasa nyaman di dekatmu. Ekor yang terangkat menandakan bahwa kucing kamu merasa aman dan dengan ramah menawarkan kesempatan untuk mengendusnya. Saat mereka melakukan ini, itu seperti memberi salam saat menyapa seorang teman. Kabar baiknya adalah kamu tidak perlu mengendus pantatnya untuk membalas, kamu bisa menggosok atau membelai kepala mereka.


Tidak Menutup Pup

Secara naluri di alam liar, kucing menutup atau mengubur pup bertujuan agar tidak menarik perhatian predator dan kucing dominan lain lewat baunya. Di sisi lain, kucing adalah hewan yang higienis. Namun jika mereka tidak menutup pup itu berarti mereka ingin menandai wilayah lewat baunya.


Memakan Plastik

Secara tekstur plastik memiliki permukaan yang halus, maka plastik akan terasa nyaman untuk dikunyah. Kebiasaan ini juga muncul pada anak kucing. Saat tumbuh gigi mereka akan mengunyah apa saja untuk mempercepat pertumbuhan giginya. Plastik dapat berbahaya bagi pencernaan kucing, sebagai gantinya kamu dapat menggantinya dengan treat atau mainan yang aman.


Memakan Rumput

Kucing adalah hewan karnivora, jadi secara naluri mereka akan memakan daging. Namun terkadang mereka juga suka memakan rumput. Perilaku ini bertujuan untuk membantu pencernaan mereka. Makan rumput membantu kucing buang air besar secara teratur, sesuatu yang sangat penting untuk saluran pencernaan yang terkadang tersumbat oleh bulu.


Memijat

Memijat menggunakan kaki depan umumnya diyakini sebagai perilaku yang masih terbawa, yang digunakan anak kucing untuk merangsang keluarnya ASI dari induknya. Pada kucing dewasa, kamu akan melihatnya saat mereka senang dan nyaman, atau melepaskan aroma dan menandai wilayahnya.


Menyundul

Kucing menyundul hewan lain atau menyundulmu dengan kepalanya adalah salah satu cara untuk bersosialisasi. Kucing memiliki kelenjar aroma di sekujur tubuh mereka. Mereka menggunakannya untuk meninggalkan bekas aroma pada objek, termasuk manusia. Ini terutama digunakan untuk menjalin ikatan sebagai bahasa mereka.

5 views