Mitos Kucing Hitam

Pawrent, kalian pasti pernah mendengar mitos kucing hitam membawa ketidakberuntungan. Pastinya mitos ini tidak benar ya, Sob. Mitos inipun membuat kucing hitam lebih sulit mendapatkan rumah dan terkadang dibunuh karena dianggap membawa sial. Selain mitos tersebut, terdapat juga mitos yang menganggap kucing hitam membawa keberuntungan.

Yuk simak beberapa mitos tentang kucing hitam di bawah ini!

Mitos 1: Kucing Hitam Membawa Sial

Mitos “kucing hitam membawa sial” bermula dari abad pertengahan dimana semua hewan dengan warna buku gelap dianggap menandakan kematian. Hingga hari ini, sebagian orang percaya bahwa melihat kucing hitam dapat membawa sial, sedangkan melihat kucing putih memberikan keberuntungan.

Mitos 2: Kucing Hitam Menandakan Kematian

Pada abad ke-16 di Italia, orang-orang percaya bahwa seseorang akan segera meninggal jika seekor kucing hitam tidur di tempat tidur orang yang sakit. Mitos lainnya adalah jika kamu melihat kucing hitam saat prosesi pemakaman, akan ada anggota keluarga lain yang akan meninggal.

Baca Juga: Apa Fungsi Kumis pada Kucing?

Mitos 3: Kucing Hitam Tanda Keberuntungan

Di sebagian tempat, kucing hitam justru dianggap sebagai tanda keberuntungan. Beberapa mitosnya adalah sebagai berikut:

  • Di Asia dan Inggris, hidup kamu akan beruntung jika kamu memelihara kucing hitam.

  • Di Jepang, kamu akan beruntung dalam percintaan jika kamu melihat kucing hitam.

  • Sebagian daerah di Inggris menganggap mempelai wanita akan memiliki keberuntungan dalam pernikahan jika ia diberikan seekor kucing hitam sebagai hadiah.

  • Di Eropa, pelaut akan memiliki perjalanan yang aman jika mereka membawa kucing hitam sepanjang perjalanannya.

  • Di Skotlandia, keberuntungan akan segera menghampirimu jika kucing hitam muncul di depan rumahmu.

  • Di Prancis, sesuatu yang ajaib akan segera terjadi padamu jika kamu melihat kucing hitam.

Kucing Hitam Juga Mencari Rumahnya!

Karena mitos-mitos diatas, kucing hitam cenderung jarang diadopsi, sehingga tempat penampungan kucing terpaksa harus melakukan eutanasia. Di samping itu, citra kucing hitam yang kurang ramah dibandingkan warna kucing lain juga membuat mereka lebih sulit menemukan pemilik.

Jika kamu sedang mencari kucing yang cocok denganmu, coba kunjungi tempat penampungan kucing. Bertemu dengan si kucing secara langsung pastinya akan memudahkanmu dalam memilih calon peliharaan. Yuk tinggalkan mitos-mitos tersebut dan berikan kasih sayang yang pantas mereka dapatkan. Mungkin saja seekor kucing hitam yang manis dan ramah dapat menjadi teman hidupmu!


Sumber:

https://www.thesprucepets.com/black-cat-superstitions-554444

https://www.fourpaws.com/pets-101/cat-corner/black-cat-myths-and-facts

5 views