Merawat Kucing Outdoor Agar Tetap Sehat dan Aman


Beberapa orang mungkin lebih nyaman memelihara kucing di dalam rumah. Namun ada beberapa orang juga yang mengizinkan kucing mereka bebas di luar rumah dan pulang sesuka hati.


Jika kamu tinggal di lokasi pedesaan/pinggiran yang tenang, ada baiknya jika kucing kamu berkeliaran dengan bebas. Tetapi jika kamu tinggal di perkotaan yang sibuk dan padat, bisa jadi kucing kamu akan lebih aman jika dipelihara di dalam rumah. Lanjutkan membaca untuk tips merawat kucing outdoor untuk agar tetap sehat dan aman.


Pastikan Lingkunganmu Layak untuk Kucing

Semua kucing membutuhkan tempat yang aman dan nyaman untuk beristirahat tanpa gangguan. Mereka membutuhkan akses ke tempat perlindungan yang aman. Kucing harus dapat menghindar dari segala ancaman, termasuk kucing lainnya. Pastikan tidak ada tanaman yang dapat beracun bagi kucing. Dan yang paling penting adalah tingkat kebersihan. Karena kucing yang hidup di luar ruangan biasanya sangat rentan terhadap penyakit, kutu, dan jamur.


Memasang Pintu Kucing

Jika kamu bepergian dalam waktu lama, dan mengizinkan kucingmu untuk masuk ada baiknya jika kamu memasang pintu kucing (cat flap). Kucing kamu akan dapat kembali ke rumah untuk mencari tempat perlindungan atau sekadar masuk untuk makan.


Memakai ID

Berikan kucing kamu kalung dengan lonceng khusus dan tag identitas (nama kucing, nama pemilik, alamat/nomor hp). Supaya mereka dapat mudah ditemukan apabila tersesat. Kelebihan lain adalah supaya orang lain mengetahui bahwa kucing tersebut memiliki tuan, sehingga mereka bebas dari ancaman pencurian atau kekerasan.


Mensterilkan (mengebiri) Kucingmu

Mengebiri merupakan ide yang baik jika kucing kamu hidup di luar rumah. Mengebiri berguna untuk mencegah risiko berkembang biak yang tak terkontrol. Selain itu, kucing yang tidak dikebiri cenderung melakukan penjelajahan (perjalanan) yang jauh, sehingga mereka rawan untuk tersesat. Jantan yang tidak dikebiri biasanya memiliki permasalahan teritorial dengan kucing lain dan menyebabkan terjadi konflik.


Kontrol Kesehatan

Kesehatan adalah hal penting bagi kelangsungan hidup hewan, terlebih lagi bagi kucing kamu yang hidup di luar rumah. Kucing yang hidup di luar rumah sangat rentan untuk terpapar penyakit, jadi kamu juga harus melakukan vaksinasi secara rutin. Kontrol secara rutin tingkat kesehatan mereka dengan mengatur jadwal dengan dokter hewan.


Bonus: Tips untuk mencari kucing hilang