Merawat Kucing di Dalam Rumah atau di Luar Rumah?


Memilih untuk membiarkan kucing berada di luar ruangan atau menjaganya di dalam sering kali merupakan keputusan penting. Baik bagi pemilik kucing baru dan bahkan yang berpengalaman.

Kamu mungkin bertanya pada diri sendiri sejumlah pertanyaan terkait seperti:

  • Apa manfaat berada di luar ruangan bagi kucing ?

  • Resiko membiarkan kucing keluar?

  • kelebihan atau kekurangan kehidupan dalam ruangan?

  • Haruskah anak kucing diizinkan keluar?

Namun, tidak ada alasan untuk panik. Dengan persiapan yang baik, kamu seharusnya tidak perlu kuatir. Faktanya, memutuskan untuk membiarkan kucing berada di luar atau di dalam rumah tidak serumit itu. Terlebih lagi tidak harus membuat kamu atau kucing kamu merasa stres.


Memahami Kepribadian & Kebutuhan Individu Kucing


Saat menimbang pro dan kontra kehidupan di luar ruangan vs di dalam ruangan untuk kucing, kamu perlu memahami dua hal ini;

Pertama, seperti halnya manusia, setiap kucing memiliki kepribadian individu dan preferensi yang berbeda, jadi apa yang terbaik untuk satu kucing mungkin tidak tepat untuk kucing lain. Misalnya, jika kamu telah mengadopsi kucing liar, yang telah menjalani kehidupan di luar ruangan, mereka akan selalu ingin keluar rumah. Di sisi lain, jika kucing kamu sebelumnya pernah mengalami pengalaman traumatis dengan hewan lain, mungkin dia akan sangat enggan untuk keluar lagi.

Kedua, tidak ada sisi “benar” atau “salah” dalam hal ini. Baik kucing luar maupun dalam ruangan dapat hidup dengan bahagia, asalkan kamu mengambil beberapa langkah praktis untuk membuat lingkungan luar atau dalam ruangan kucing kamu seaman dan semaksimal mungkin bagi mereka.


Panggilan Alam


Banyak kucing ingin pergi keluar terutama setelah mereka merasakan kebebasan di luar ruangan, sementara kucing lain mungkin malu-malu dan benar-benar waspada untuk menjelajah ke lingkungan tidak dikenal.

Karena itu, kucing cenderung ingin tahu, dan merupakan penjelajah alami. Kucing mudah tertarik dan terstimulasi oleh berbagai pemandangan, suara, rasa, tekstur, dan bau yang mungkin mereka temui di luar ruangan termasuk serangga, permainan cahaya dan bayangan, hewan pengerat, burung, dan tumbuhan, dan lain-lain.

Jadi, jika kucing kamu terlihat tertarik untuk keluar, atau menunggu lama di depan pintu, ada baiknya mempertimbangkan beberapa potensi keuntungan dan kerugian dari kehidupan luar ruangan.


Manfaat Kehidupan Luar Ruangan Untuk Kucing


  • Kucing luar ruangan pasti memiliki lebih banyak kesempatan untuk melakukan aktivitas fisik melalui memanjat, berlari, atau menjelajah. Bebas berkeliaran atau sekadar menjelajahi ruang luar.

  • Di luar ruangan, kucing Anda benar-benar bebas untuk melakukan perilaku naluriah seperti mencakar yang mungkin tidak kamu sukai jika mereka mencakar sofa atau meja.

  • Lingkungan luar ruangan menawarkan banyak kesempatan bagi kucing yang ingin tahu untuk menjelajahi ruang yang lebih luas dan menemukan pemandangan, bau, rasa, tekstur, dan pengalaman baru, merangsang keingintahuan alami.

Resiko Kehidupan Luar Ruangan Untuk Kucing


  • Kendaraan adalah salah satu resiko terbesar bagi kucing di luar ruangan. Jalan yang sibuk sangat berbahaya, tetapi kucing mungkin juga akan terkejut dan terluka oleh kendaraan bermotor di jalan yang relatif sepi.

  • Kucing juga berisiko bersembunyi di bawah kap mobil.

  • Kucing kamu mungkin berkeliaran terlalu jauh dan tersesat. Untuk itu gunakan kalung dengan lonceng dan tag ID (nama & pemilik kucing)

  • Bergantung pada tempat tinggal kamu, hewan lain seperti anjing, dan terutama kucing lainnya yang berpotensi agresif berpotensi menjadi ancaman bagi kucing kamu.

  • Kucing luar ruangan jauh lebih riskan terpapar penyakit menular oleh kucing lain dan terluka akibat perkelahian dengan kucing lain.

Menilai Lingkungan Kamu

Penting untuk memikirkan baik-baik tentang lingkungan luar ruangan untuk kucing kamu. Karena ini penting ini untuk kehidupan mereka.