Merawat Ikan Cupang? Gini Tips Ampuhnya


Ikan cupang (juga dikenal sebagai Betta splendens atau ikan aduan Siam) adalah hewan peliharaan favorit lama bagi pemelihara ikan pemula dan veteran karena siripnya yang berwarna-warni dan kepribadiannya yang bersemangat. Jika Anda baru mengenal hobi akuarium, panduan perawatan ini cocok untuk Anda! Cari tahu hal-hal penting yang perlu Anda ketahui agar berhasil memelihara ikan cupang pertama Anda.


Bolehkah Memelihara Ikan Cupang dalam Mangkuk?

Jika Anda belum membeli mangkuk kecil, kami sangat menyarankan Anda untuk membeli akuarium yang lebih besar yang menampung setidaknya 5 hingga 10 galon air. Lebih banyak air memberi ikan cupang ruang ekstra untuk berenang dan memungkinkan Anda berjalan lebih lama di antara pembersihan akuarium sebelum air menjadi terlalu kotor. Selain itu, tidak ada biaya yang lebih mahal untuk membeli tangki yang lebih besar, terutama jika Anda memanfaatkan penjualan akuarium “Dollar Per Gallon” Petco (di mana tangki 10 galon hanya berharga $ 10). Baca posting blog ini untuk mendapatkan daftar periksa ikan cupang lengkap dan instruksi penyiapan tangki kami.


Berapa Lama Air Harus Duduk Sebelum Menambahkan Ikan?

Air keran sering kali mengandung klorin untuk membunuh patogen berbahaya, dan bahan kimia ini juga mematikan bagi ikan cupang. Anda mungkin pernah mendengar bahwa membiarkan air diam semalaman memungkinkan klorin menguap, tetapi saat ini beberapa kota mengolah airnya dengan chlormine, yang tidak menguap. Oleh karena itu, selalu tambahkan air conditioner atau deklorinator agar air keran Anda aman sebelum menuangkannya ke dalam akuarium ikan cupang Anda.


Apakah Ikan Cupang Membutuhkan Pemanas?

Ya mereka melakukanya. Ikan cupang menyukai suhu sekitar 80 ° F dan cenderung lebih aktif jika disimpan di perairan yang lebih hangat. Di Amerika Serikat, di mana suhu ruangan biasanya antara 67 ° F hingga 69 ° F, ikan cupang tanpa pemanas cukup lesu dan bahkan mungkin menjadi sakit karena stres terus-menerus karena kedinginan. Untuk rekomendasi pemanas, baca artikel kami Cara Memilih Pemanas Akuarium yang Tepat.


Mengapa Betta Tank Saya Pelu Kertas Filter di Atas?

Untuk mencegah terbentuknya lapisan berminyak protein, Anda memerlukan filtrasi yang memadai untuk menghasilkan agitasi permukaan yang baik, air yang lebih bersih, dan oksigenasi yang lebih baik. Namun, karena ikan cupang biasanya memiliki sirip yang panjang dan indah, mereka tidak dapat berenang di arus yang kuat yang akan menghantamnya di sekitar akuarium. Dapatkan filter spons lembut atau filter yang lebih kecil dengan kecepatan aliran yang dapat disesuaikan, dan cupang Anda akan berterima kasih karenanya.


Seberapa Sering Saya Harus Memberi Makan Ikan Cupang Saya?

Beri makan ikan cupang Anda sekali sehari, sebanyak yang mereka bisa makan dalam satu menit. Sangat mudah untuk memberi makan ikan cupang secara berlebihan, jadi pastikan perutnya tidak membengkak karena makanan atau dia bisa mengalami sembelit dan masalah kesehatan lainnya. Mulailah dengan memberi makan dua makanan pokok: pelet ikan cupang khusus dan cacing darah kering beku. Pelet apung berukuran kecil ini diformulasikan khusus untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan ikan cupang.


Seberapa Sering Saya Harus Membersihkan Tangki Ikan Cupang?

Jika Anda mengikuti saran kami sebelumnya dan mendapatkan akuarium berukuran 10 galon untuk ikan cupang, Anda mungkin hanya perlu membersihkan akuarium sekali atau dua kali sebulan dengan mengganti 30% air. Namun, jika Anda memiliki mangkuk 1 galon kecil, Anda harus membersihkan tangki setiap dua hingga tiga hari dengan 100% penggantian air. Jenis jadwal pemeliharaan yang sering seperti ini menciptakan lingkungan yang tidak stabil yang sangat membebani ikan cupang Anda (sama seperti Anda harus pindah ke rumah baru setiap minggu). Akhirnya, Anda akan sibuk dengan liburan atau tenggat waktu proyek dan lupa membersihkan mangkuk. Ikan Anda akan sakit karena hidup di kotorannya sendiri, dan kemudian Anda harus menghabiskan waktu dan uang untuk obat-obatan untuk mencoba menyelamatkannya.


Apakah Ikan Cupang Kesepian?

Tidak, ikan cupang sebenarnya adalah makhluk teritorial (karena itu dijuluki “ikan petarung Siam”) dan tidak boleh ditempatkan bersama cupang lain. Namun, tergantung pada temperamennya, banyak ikan cupang dapat hidup dengan ikan nano damai lainnya, asalkan Anda memberi mereka akuarium yang lebih besar (berukuran minimal 10 hingga 20 galon) dengan banyak penutup dan tanaman akuarium hidup. Beberapa teman sekamar yang direkomendasikan termasuk tetra yang lebih kecil, rasboras, dan corydoras.

Perlu diingat, jangan berhemat dalam perawatan ikan cupang Anda. Dapatkan tangki yang lebih besar dan belilah peralatan dan makanan berkualitas baik untuknya. Selain itu, teruslah cari referensi dengan bergabung dalam grup ikan cupang di Facebook atau membaca artikel online. Berbekal lebih banyak pengetahuan dan pengalaman, Anda dapat membantu ikan cupang Anda berumur panjang dan sehat!


Sumber: https://www.aquariumcoop.com/blogs/aquarium/betta-fish-care-guide