Mengobati Anjing yang Muntah



Melihat anabul muntah rasanya sedih ya, Pawrent. Eits, jangan panik dulu ya, kamu dapat melakukan pertolongan pertama untuk mengobati mereka. Kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, karena ada beberapa penyebab muntah yang dapat kamu obati sendiri. Namun, ada juga hal yang menyebabkan muntah yang cukup serius sehingga kamu harus segera membawanya ke dokter hewan.

Situasi yang sebaiknya tidak diobati sendiri dan harus segera ditangani oleh dokter hewan adalah sebagai berikut:

  • Anjing muntah beberapa kali atau terlihat berusaha memuntahkan sesuatu dari dalam tubuhnya,

  • Anjing terlihat lemas dan lesu,

  • Adanya bercak darah pada kotoran anjing, atau mencret,

  • Air liur menetes secara berlebihan,

  • Anjing tidak bernafsu makan atau minum,

  • Anjing sudah berusia lanjut,

  • Anjing memiliki riwayat penyakit lain sehingga terlihat kesakitan ketika muntah.

Baca Juga: Memelihara Anjing yang Sudah Berumur

Jika kamu merasa bahwa anjing kesayanganmu sehat dan muntah karena makan terlalu banyak atau perubahan makanan yang tiba-tiba, kamu dapat coba mengobati anjingmu di rumah. Beberapa situasi yang dapat kamu obati sendiri adalah:

  • Anjing muntah hanya sekali atau dua kali,

  • Muntah tampak tidak berbahaya dan tidak makin parah, dan

  • Anjing terlihat lincah dan terjaga.

Cara Mengobati Anjing yang Muntah

Beberapa metode yang dapat meringankan mual pada anjing, dan umumnya cara ini efektif. Ingat ya pawrents, jika kondisi anjing tampak tidak membaik, segera berkunjung ke dokter hewan ya.

Langkah-langkah pengobatannya adalah sebagai berikut:

1. Terapkan Puasa pada Anjing

Dengan melakukan ini, pencernaan anjing akan mendapatkan istirahat dan waktu untuk kembali pulih. Tidak adanya makanan dalam pencernaan dapat mengurangi frekuensi muntah. Jika anjing mengeluarkan muntahan kuning, itu berarti anjing muntah dengan perut yang kosong. Biasanya, puasa pada anjing dewasa diterapkan selama 24 jam, sedangkan pada anak anjing tidak boleh melewati 12 jam.

2. Berikan Makanan yang Hambar

Setelah anjing telah melewati puasa dan sudah berhenti muntah, jangan langsung berikan makanan yang biasa dikonsumsi. Gantilah makanan mereka dengan sesuatu yang agak hambar, seperti ayam rebus dengan nasi atau daging sapi rebus dengan nasi. Jika kamu memberikan ayam, pastikan ayam tersebut sudah dikuliti dan tidak bertulang. Jika kamu menggunakan daging sapi olahan, pastikan bahwa tidak ada minyak yang tersisa pada daging tersebut. Perlu diingat agar kamu menjadikan nasi sebagai hidangan utamanya, maka nasi harus lebih banyak daripada daging. Daging tersebut hanya berguna sebagai pelengkap untuk menambah selera makan anjing. Berikanlah makanan ini sampai anjing terlihat membaik. Kemudian, kamu dapat perlahan-lahan memberikan kembali makanan yang biasa dikonsumsi.

Baca Juga: Buah Apa yang Aman Dikonsumsi oleh Anjing?

3. Berikan Es Sebagai Pengganti Air

Pawrent harus pastikan bahwa anjingmu meminum air yang cukup agar anabul tidak dehidrasi. Apabila mereka tidak mampu menelan air, coba berikan kepingan es. Memakan kepingan es dapat mencegah rasa ingin muntah sekaligus tetap memberikan hidrasi yang cukup. Ketika anjing kesayangan terlihat membaik, kamu dapat mulai memberi air biasa. Jika si anabul masih tidak meminum air atau memakan kepingan es, secepat mungkin kunjungi dokter hewan.

4. Periksa Gusi Anjing

Segera bawa anjingmu jika kamu melihat gusinya berwarna pucat, putih, abu-abu, atau keunguan. Gusi pada anjing yang sehat umumnya berwarna merah muda segar. Coba tekan gusi anjingmu dengan jari tanganmu, gusi yang sehat akan menjadi warna putih sesaat dan langsung menjadi warna merah muda lagi. Jika gusi yang telah kamu tekan berubah membutuhkan beberapa detik untuk kembali menjadi warna merah muda, hal tersebut bukanlah tanda yang baik. Segera bawa anabul ke dokter hewan karena hal tersebut dapat mengindikasi penyakit anemia, keracunan, atau perut kembung.

Apabila kamu telah melakukan metode diatas namun anjing kesayanganmu tidak terlihat membaik, langsung temui dokter hewan kepercayaanmu ya, Pawrent. Semoga artikel ini membantu!


Sumber: https://pethelpful.com/dogs/Home-remedies-for-vomitng-dogs

2 views