Mengenali Kepribadian Kucing dari Warnanya



Walaupun para peneliti mengatakan bahwa kepribadian kucing tidak ditentukan oleh warna dan pola bulunya. Kaitan kepribadian kucing dengan warna bulunya seringkali menjadi bahan pembicaraan diantara pecinta kucing, atau mungkin termasuk kamu?


Dalam penelitian lainnya, ada ilmuwan yang membuat korelasi antara perilaku dan melanin. Melanin adalah istilah umum untuk pigmen warna hewan. Penelitian ini menyatakan bahwa dalam pigmentasi yang lebih gelap, ditemukan perilaku dengan tingkat agresi dan dominasi sosial yang lebih tinggi. Namun di sisi lain, manusia juga kerap menciptakan mitos atau identitas tertentu pada kucing sesuai warnanya. Ada banyak cerita dan tradisi budaya yang mengatakan demikian. Untuk itu, mari kita bahas satu persatu dari jenis warna, mitos, dan kepribadiannya.


Kucing Oren / Ginger / Orange Tabby




Atau biasa disebut juga Garfield. Seperti yang digambarkan dalam film kartun tersebut, kucing ini memiliki sifat malas dan suka bersantai. Namun di Indonesia, orang-orang banyak beranggapan kucing oren ini sebagai kucing preman. Namun berbeda di luar negeri. Menurut AnimalWised, terdapat penelitian pada tahun 2015 yang menyatakan bahwa kucing oren memiliki reputasi ramah, cenderung suka meminta perhatian dan penyayang. Maka kucing oren ini sangat populer di kalangan adopter di luar negeri.


Kucing Telon / Belang Tiga / Calico





99% kucing calico berkelamin betina. Hal ini berkaitan dengan kromosom mereka, kucing calico jantan memiliki kromosom yang tidak stabil dan bisa dipastikan mandul (steril). Maka kucing calico jantan yang lahir biasanya tidak akan bertahan lama.

Karena umumnya berkelamin betina, kucing calico ini memiliki sifat layaknya diva. Mereka selalu mencari perhatian, baik kepada manusia atau sesama kucing. Kucing calico akan bersikap agresif jika sedang pada siklus musim kawin saja.


Kucing Hitam




Banyak cerita mengenai kucing hitam, mereka kerap menjadi korban mitos yang tidak akurat kebenarannya. Banyak orang yang masih beranggapan bahwa kucing hitam membawa sial atau keberadaannya dikaitkan dengan kisah-kisah layaknya film horor.

Kucing hitam sangat sangat mandiri dan suka berkelana. Mereka sangat aktif pada malam hari untuk berburu. Fakta unik mengenai kucing hitam: bahasa slang dari musisi jazz adalah ‘cats’ karena terinspirasi dari perilaku kucing hitam ini. Musisi jazz pada jaman dahulu suka bepergian dan hanya bekerja pada malam hari.


Kucing Tabby



Kucing ini memiliki warna belang abu-abu atau coklat dengan hitam. Seperti kucing hitam, mereka dikenal sangat aktif dan suka berburu. Kucing tabby ini sangat senang berada di luar ruangan.

Warnanya diturunkan dari nenek moyang mereka, dengan warna kamuflase yang sempurna mereka adalah pemburu yang handal. Walaupun suka bermain dan berburu, mereka biasanya menghindari konflik dan nyaman bersama kucing-kucing lain.


Kucing Belang / Tortoise



Kucing ini memiliki corak layaknya kucing calico, namun warna bulunya lebih bercampur. Karakter kucing tortoise ini juga mirip dengan kucing calico. Mereka nyaman dirumah dan suka bersantai.

Tapi kucing tortoise cenderung penyendiri dan menghindari dari kawanan kucing lain. Walaupun suka menghindar, mereka dapat bersifat manja dan memiliki ketergantungan tinggi terhadap pemiliknya.


Kucing Putih




Berdasarkan gen dan kromosomnya kucing putih memiliki sifat yang tak terduga. Mereka dapat seketika menjadi hiperaktif dan menjadi pemalu kemudian. Untuk itu si pemilik harus setia mendampingi jika mereka mengalami kegelisahan.

Hali ini dikarenakan oleh gen mereka, biasanya kucing putih memiliki pendengaran atau penglihatan dibawah normal. Jadi wajar saja jika mereka selalu bersikap was-was dan selalu siaga.


Apakah Warna Bulu Mempengaruhi Kepribadian?


Memang ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa ada potensi warna bulu kucing memiliki pengaruh minimal terhadap kepribadian dan perilakunya. Namun, ada lebih banyak bukti yang mendukung fakta bahwa faktor lain mungkin lebih signifikan. Faktor-faktor tersebut antara lain apakah kucing sudah disterilkan atau belum, usia, riwayat dan sosialisasi.


Bisa jadi kamu memiliki persepsi tersendiri. Namun penting untuk diingat bahwa kepribadian kucing ditentukan oleh banyak faktor berbeda dan tidak bergantung pada warna saja untuk menunjukkan bagaimana mereka berperilaku.


5 views