Mengatasi Masalah Litter Box Kucing


Kebanyakan kucing langsung paham cara memakai litter box, namun 10% diantaranya memiliki masalah dan berhenti menggunakan litter box sama sekali. Beberapa hanya menggunakan litter box untuk buang air besar atau buang aur kecil, atau malah tidak keduanya.

Sebenarnya masalah litter box ini berkembang sebagai akibat dari konflik beberapa kucing di rumah. Akibat ketidaksukaan pada jenis kotak, jenis pasir, lokasi, atau kotoran itu sendiri.

Untuk itu, ketahui penyebabnya sedari awal untuk menghindari masalah litter box pada kucing kamu.

Kenapa kucing kamu buang air di luar litter box?


Masalah yang biasa terjadi adalah:

  • Litter box yang sudah penuh kotoran

  • Litter box berukuran sempit

  • Litter box ada di lokasi yang sulit dijangkau

  • Pergantian jenis pasir litter

  • Konflik dengan sesama kucing di rumah

Litter box yang sudah penuh kotoran

Seperti yang kita tahu, kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan. Perhatikan dan segera bersihkan litter box sesering mungkin dan ganti pasir yang lama dengan pasir yang baru secara rutin. Pergantian pasir baru dan pasir lama dapat dilakukan seminggu sekali. Sediakan jumlah litter box yang cukup. Pastikan kamu memiliki satu untuk setiap kucing di rumah, ditambah satu kucing ekstra. Misalnya, jika kamumemiliki tiga kucing, maka kamu memerlukan minimal empat litter box.

Litter box yang berukuran sempit

Sediakan litter box yang sesuai dengan ukuran kucing kamu, bila terlalu kecil akan menyebabkan pup dan pipis tidak tertampung pada tempatnya. Litter box yang berukuran terlalu kecil juga akan cenderung cepat penuh dengan kotoran.

Pergantian jenis pasir litter

Hindari pergantian jenis pasir litter secara mendadak, karena aroma dan teksturnya dapat membingungkan kucing kamu. Kembali pada hal kebiasaan, jika ingin mengganti jenis pasir litter sebaiknya lakukan sedikit demi sedikit dan bertahap. Atau kamu juga bisa gunakan beberapa jenis pasir litter gumpal sekaligus, hal ini berguna untuk melihat jenis pasir mana yang cocok dengan kucing kamu.

Litter box ada di lokasi yang sulit dijangkau

Seperti manusia, kucing lebih menyukai tempat yang aman dan mudah dijangkau. Ini berlaku juga untuk lokasi litter box mereka. Taruh litter box kucing kamu di tempat yang membuat mereka merasa nyaman. Jauhkan litter box dari tempat-tempat yang sibuk, bising, atau menakutkan, seperti di samping mesin cuci dan pompa air.

Konflik dengan sesama kucing rumah

Jika terjadi konflik antara kucing kamu di rumah, sebaiknya sediakan litter box tambahan untuk memisahkan kotoran kucing kamu. Ini wajar, karena kucing memiliki naluri alami melindungi teritori mereka.

Tutorial singkat litter box training


Persoalan medis yang menyebabkan masalah litter box

Seperti artikel yang dilansir dari WebMD, bisa jadi kucing kamu memiliki kondisi medis yang menyebabkan mereka pup dan pipis di luar litter box. Kondisi medis umum yang dapat mempengaruhi penggunaan litter box meliputi:

Urinary Tract Infection (UTI)

Atau disebut juga dengan infeksi saluran kemih. Jika kucing kamu sering memasuki kotak pasirnya dan tampaknya hanya mengeluarkan sedikit urine, kucing kamu mungkin mengalami infeksi saluran kemih. Segera bawa dan temui dokter hewan untuk mengatasi masalah ini.

Feline Interstitial Cystitis

Feline interstitial cystitis adalah penyakit neurologis yang mempengaruhi kandung kemih kucing (“cystitis” berarti kandung kemih yang meradang). Kucing dengan sistitis akan berusaha untuk sering buang air kecil dan terlihat seperti mengejan, tetapi tidak berhasil. Kondisi ini menyebabkan radang yang mengakibatkan keluarnya darah di kotoran mereka. Masalah ini dapat menjadi serius dan mengancam keselamatan kucing kamu jika segera tidak dibawa ke dokter hewan.

Baca juga: Tanda Kucing Kamu Perlu Mengunjungi Dokter Hewan

Apa yang tidak boleh kamu lakukan jika kucing Anda memiliki masalah kotak pasir

Perlu kamu ingat, untuk menghilangkan kebiasaan buruk kucing kamu perlu kesabaran. Tidak perlu memakai hukuman, berikut adalah tips-tips nya:

  • Jangan menggosok hidungnya dengan pipis atau kotoran mereka

  • Jangan memarahi mereka dan membawa atau menyeretnya ke litter box

  • Jangan letakkan litter box di dekat tempat makan atau minum mereka

  • Jangan beri mereka camilan untuk membujuk mereka menggunakan litter box

  • Bersihkan bekas kotoran yang tercecer dengan pembersih enzimatik

2 views