Mengatasi Bau Mulut Anjing


Banyak pemilik anjing mengatakan bahwa anjing mereka bau mulut, namun mereka yakin bahwa hal itu normal. Dan menurut hasil survey yang ditemukan, hanya 5 dari 10 pemilik anjing yang khawatirkan bau mulut sebagai pertanda masalah kesehatan.

Jadi sebenarnya apa yang mengakibatkan bau tidak sedap pada nafas dan mulut anjing?


Masalah Gigi & Gusi

Anak anjing sangat suka mengunyah apapun saat dalam masa pertumbuhan gigi. Tak jarang gusi mereka dapat terluka, berdarah, hingga infeksi. Selain karena ada makanan yang nyangkut di gigi, bau mulut ini dapat disebabkan oleh bakteri yang yang berkembang di dalam mulut.


Masalah pernafasan

Saat kamu terkena flu atau infeksi sinus, kamu mungkin harus bernapas melalui mulut. Dan kondisi itu menyebabkan mulut mengering dan membuat bau mulut. Hal yang sama bisa terjadi pada anjing kamu, saat saluran pernapasan bagian atas atau sinusnya meradang.


Gangguan ginjal

Penyakit ini cukup umum pada anjing. Nafas yang bau seperti urine atau amonia adalah pertanda anjing kamu mengalami gangguan ginjal. Jika anjing kamu mengalami gangguan mulut seperti pertanda ini, segera bawa dia ke dokter hewan kepercayaan kamu.


Perawatan Untuk Mengatasi Bau Mulut Anjing


Cemilan sehat

Hindari memberikan makanan yang berbau tajam dan keras. Selain dapat menyangkut di gigi, tulang juga dapat menyebabkan luka pada gusi. Berikan dia buah, seperti wortel misalnya. Wortel memiliki kandungan nutrisi yang baik, dengan teksturnya yang keras dapat mengikis plak dan tartar pada gigi.


Cemilan kunyah

Sama halnya dengan wortel, cemilan kunyah juga dapat mengikis plak dan tartar pada gigi. Bahkan ada beberapa produk cemilan yang dilengkapi dengan kandungan anti bakteri untuk membunuh kuman yang ada di mulut anjing.


Mainan Kunyah

Jika anjing kamu suka mengunyah dan menggigit apapun, berikan dia mainan kunyah berbahan karet. Selain untuk menghindari bau mulut, mainan ini juga berguna untuk menyelamatkan perabotan kamu dari gigitan.


Sikat gigi

Cara paling sederhana dan paling efektif untuk memerangi bau mulut adalah menyikat gigi. Biasakan anjing kamu sedini mungkin untuk terbiasa dengan menyikat gigi agar kamu tuìidak kerepotan ketika dia sudah besar.