Mengapa Kucing Suka Menggigit?



Pawrents, apakah kucingmu pernah menggigitmu? Kucing memiliki gigi yang tajam yang dapat membuat luka yang cukup dalam. Selain itu, mulut mereka juga memiliki banyak bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Jika tidak segera ditangani dengan pertolongan pertama yang tepat, luka tersebut dapat menyebabkan infeksi, demam, atau yang paling parah yaitu rabies. Luka yang dalam yang telah dimasuki oleh debu atau kotoran lainnya juga berpotensi menyebabkan tetanus. Lalu, apa alasan kucing suka mengigitmu? Berikut adalah enam alasan utamanya.

1. Usia

Anak kucing akan menggigit atau mencakar temannya atau Pawrent sebagai bagian dari permainan mereka, dan hal ini adalah hal yang lumrah. Umumnya, ketika kucing mencapai umur 4 bulan, menggigit dan mencakar akan berkurang. Jika disekitar kucing tersebut terdapat ibunya atau kucing lainnya, kebiasaan menggigit dan mencakar akan lebih cepat hilang karena mereka lebih mudah mengerti bahwa kedua hal tersebut menyakitkan.

2. Bawaan Genetik

Sama seperti manusia, sebagian sifat kucing terbentuk karena faktor keturunan. Sebagian kucing memiliki sifat agresif yang merupakan keturunan dari orang tua mereka. Sebuah penelitian menemukan bahwa kita dapat memprediksi sifat seekor anak kucing dari sifat ayahnya. Misalnya, meskipun telah dipisahkan sejak dilahirkan, anak kucing yang memiliki ayah yang ramah akan memiliki sifat yang sama, dan juga sebaliknya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tentang Kucing

3. Kelakuan Pawrent

Tahukah kamu, Pawrent? Kucing sangat peka terhadap perasaan Pawrent, mereka juga dapat mengikuti mood kamu lho. Sebuah studi lainnya menunjukkan bahwa kucing berkelakuan sedih ketika pemilik mereka sedih, dan sebaliknya mereka senang ketika pemilik mereka terlihat senang. Maka, bisa saja kucingmu menjadi agresif karena mereka meniru tingkahmu. Selain itu, jika kamu sering memarahi kucingmu dengan berteriak, mereka mungkin akan menggigit sebagai mekanisme pertahanan diri.

4. Perubahan dalam Rumah

Kucing adalah hewan yang hidup dengan kebiasaan. Mereka akan tidur di tempat yang sama, bermain denganmu di waktu yang sama, dan juga kebiasaan lainnya. Maka dari itu, jika ada orang atau hewan lain yang tidak dikenal oleh kucing kesayanganmu, mereka bisa merasa stres dan membuat mereka suka menggigit. Misalnya, anakmu baru dilahirkan, kucing dapat merasa cemburu dan kurang dihargai dibandingkan dengan dulu.

Baca Juga: Merawat Kucing Outdoor Agar Tetap Sehat dan Aman

5. Takut atau Rasa Terancam

Kucing bisa saja menggigit ketika merasa terancam oleh manusia atau hewan lainnya. Hal ini dilakukan dengan maksud agar manusia atau hewan tersebut dapat pergi dan tidak mengganggu mereka lagi. Seperti yang kamu ketahui, kucing melakukan sesuatu hanya ketika ia ingin melakukannya. Contohnya, mereka akan bermain ketika mereka ingin, mereka akan memelukmu ketika mereka mau, dan sebagainya. Ketika mereka merasa terpaksa melakukan hal yang tidak mereka inginkan, mereka mungkin akan menggigit agar tidak diganggu lagi.

6. Kebutuhan Dasar Tidak Terpenuhi

Untuk hidup dengan baik, kucing tentunya memerlukan makanan, minuman, tempat tinggal, dan kasih sayang yang cukup. Jika kamu biasanya memberi makan malam si kucing kesayangan pada jam 5 sore, dan hari ini kamu memberinya makan pada jam 5.30 sore, kucingmu bisa saja menggigitmu untuk mengingatkanmu. Selain menggigit, mereka juga akan mengeong untuk mendapatkan perhatianmu.

Bagaimana, apakah kamu sudah mengetahui alasan mengapa kucingmu menggigitmu? Dengan mengetahui alasannya, semoga Pawrent dapat menemukan solusi untuk menghentikan kebiasaan menggigitnya di kucing ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber: https://pethelpful.com/cats/why-cats-bite-and-how-to-stop-them

6 views