Mengapa Kucing Suka Mengejar Laser?




Pawrents, apakah kamu pernah melihat kucing yang mengejar laser? Bermain dengan laser terlihat sederhana, tapi mampu mendapatkan perhatian kucing untuk waktu yang cukup lama. Pernahkah kamu berpikir mengapa setitik lampu laser terlihat sangat menarik bagi seekor kucing? Berikut adalah alasannya:

1. Daya Tarik Lampu Laser

Laser tampak menarik bagi kucing karena terlihat seperti mangsa yang bergerak dengan cepat. Mereka melihat laser tersebut seperti hewan kecil yang sedang berlari dan mencari tempat persembunyian. Dengan demikian, laser dapat memicu insting berburu kucing, seperti mengejar, menerkam, dan membunuh mangsa. Jadi, pada dasarnya kucing mengejar cahaya laser karena sudah nalurinya lho, pawrents.

Baca Juga: Bagaimana Mengurangi Stres Kucing Peliharaan di Rumah?


2. Pandangan Kucing terhadap Laser

Selain alasan diatas, terdapat satu alasan lainnya mengapa cahaya laser tampak begitu menarik bagi kucing. Untuk memahami lebih lanjut, kita harus mengetahui cara kerja mata kucing dan perbedaannya dengan mata manusia.

Retina adalah bagian utama dari mata, dan bagian ini terdiri atas 2 jenis sel: sel batang dan sel kerucut. Sel batang dapat menangkap cahaya redup dan mendeteksi pergerakan. Sel kerucut berfungsi untuk melihat warna. Mata manusia memiliki lebih banyak sel kerucut daripada sel batang, sehingga kita melihat dunia dengan penuh warna. Pada sisi lain, mata kucing memiliki lebih banyak sel batang daripada sel kerucut, memungkinkan mereka untuk menangkap gerakan, sekecil apapun itu.

Oleh karena mata kucing yang didesain untuk menangkap gerakan, akan sulit bagi mereka untuk mengabaikan gerakan. Jadi, ketika kamu menggerakkan sesuatu di sekitar kucing, apalagi sesuatu yang terang, mereka akan mulai bergerak dan mengejarnya.

Baca Juga: Merawat Kucing di Dalam Rumah atau di Luar Rumah?


Kelebihan dan Kekurangan Bermain dengan Laser

Jika kucingmu tidak pernah bosan dan suka bermain dengan laser, itu adalah hal yang bagus! Bermain menggunakan laser dapat menjadi sebuah latihan fisik dan mental, sekaligus melatih insting kucing. Oh ya pawrents, ingat untuk bermain dengan aman ya. Jangan menyinari laser ke mata kucing karena akan menyebabkan masalah penglihatan ataupun cedera mata. Disamping itu, sediakan mainan lain seperti boneka dan tongkat bulu.

Jika kucingmu mudah bosan dengan bermain laser, itu bisa jadi karena sebenarnya mencoba mengejar mangsa yang adalah makanannya. Sedangkan cahaya laser bukanlah sebuah makanan dan tidak akan pernah tertangkap. Jika kucingmu mulai memperlihatkan tanda-tanda yang kurang baik, mungkin lebih baik untuk berhenti bermain menggunakan laser. Coba berikan makanan atau mainan sebagai sebuah bentuk penghargaan.


Sumber:

https://www.thesprucepets.com/reasons-why-cats-chase-lasers-4690886

14 views