Mengapa Ikan Cupang Bisa Berlaga?



Buat sobat Petskita yang pelihara ikan cupang pasti sering banget lihat ikannya berlaga. Pernah bertanya-tanya kenapa ikan kalian doyan berlaga? Ikan cupang juga dikenal sebagai Siamese Fighting Fish, dari namanya saja sudah tau kalau ikan jenis ini doyan berlaga. Meskipun perilaku individu dapat bervariasi, sebagian besar ikan cupang jantan dalam perdagangan ikan peliharaan perlu dipelihara di tangki terpisah, dan bahkan tidak boleh melihat jantan lain. Ikan cupang berpotensi mematikan, sehingga pemilik perlu mengambil langkah efektif untuk mencegah ikan mereka berlaga.


Apa Itu Berkelahi pada Ikan Cupang?

Perilaku bertarung yang paling umum pada ikan cupang dikenal sebagai "pemanasan (flaring)". Dalam demonstrasi ini, ikan cupang akan mendorong kedua operculum ke depan untuk menunjukkan ukuran tubuh yang lebih besar. Ini mirip dengan ikan buntal yang mengembang dan melebarkan durinya saat berada di bawah tekanan.

Perilaku lain melibatkan interaksi fisik antara dua ikan. Interaksi fisik dapat mencakup satu ikan menabrak, atau berenang mengarahkan ke dalam, ikan lain, atau menggigit sirip.


Mengapa Ikan Cupang Berantem?

Ikan cupang berkelahi untuk membangun wilayah, termasuk sumber makanan, tempat berlindung, dan akses ke betina. Ini adalah penyebab umum perilaku agresif pada banyak spesies ikan.


Ada banyak perdebatan apakah perilaku berkelahi ini bawaan atau konsekuensi dari bagaimana ikan cupang dipelihara. Penelitian telah menunjukkan bahwa cupang yang dipelihara dalam kelompok memiliki kecenderungan yang kurang agresif. Sulit untuk mengetahui dengan beberapa pemasok bagaimana ikan cupang dipelihara dan seberapa agresif mereka, dan mungkin perlu beberapa minggu bagi sobat Petskita untuk dapat mengetahui tingkat agresi mereka.


Baca Juga: Merawat Ikan Cupang? Gini Tips Ampuhnya


Ikan cupang memiliki sejarah dipelihara sebagai petarung yang kompetitif. Studi yang mengamati pertarungan kompetitif menunjukkan bahwa ikan yang dibesarkan secara terpisah, tanpa ikan cupang lainnya, cenderung lebih agresif dan bertarung untuk jangka waktu yang lebih lama.


Meskipun kurang umum, ikan cupang betina bisa menjadi agresif di akuarium yang kelebihan stok. Cupang betina biasanya dipelihara dalam kelompok kecil, yang dikenal sebagai «harem,» dan ikan individu mungkin lebih atau kurang agresif daripada yang lain dalam kelompok, sering kali mengarah ke hierarki yang mapan. Ikan cupang mungkin agresif terhadap ikan dari spesies lain yang dipelihara di akuarium yang sama. Sangat penting untuk menambahkan ikan yang tidak agresif dan pemain komunitas yang baik ke akuarium atau tangki ikan kalian.


Tanda Perkelahian pada Ikan Cupang

Tanda perkelahian yang paling umum pada ikan cupang adalah pertempuran aktif, termasuk serudukan atau menggigit. Jika kalian tidak melihat ikan kalian berkelahi secara aktif, kalian mungkin melihat tanda-tanda klinis lainnya, termasuk sisik yang hilang, sirip yang sobek, atau persembunyian yang meningkat. Tanda-tanda parah termasuk kelesuan, penurunan nafsu makan, periode persembunyian yang lama, dan kematian mendadak.


Baca Juga: Cara Merawat Ikan Mas (Goldfish)


"Fin rot" atau sirip berjumbai adalah masalah umum pada ikan cupang. Seringkali, ini adalah tanda umum penyakit dan sistem kekebalan yang tidak berfungsi dengan baik. Penyebab umum lainnya adalah dekorasi akuarium yang berlebihan dengan banyak barang yang dapat merobek sirip cupang. Perkelahian sering kali menyebabkan gejala klinis lain, bukan hanya kerusakan sirip.


Cara Menghentikan Perkelahian pada Ikan Cupang

Cara terbaik untuk mengentikan perkelahian antar ikan cupang adalah dengan hanya memiliki satu ikan jantan per tangki. Ikan cupang dikenal menanggapi refleksi mereka sendiri. Meskipun ini dapat dianggap sebagai penggayaan, penggayaan ini dikenal sebagai pemicu stres pada cupang dan tidak boleh ditambahkan ke tangki cupang. Cedera dapat terjadi ketika ikan cupang menyerang atau sisi tangki mereka.


Semoga informasi diatas dapat membantu Sobat Petskita yang pelihara ikan cupang ya.

Cari tahu info-info seputar ikan cupang hanya di blog Petskita.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/why-do-betta-fish-fight-5183979




10 views