Mengapa Ikan Cupang Berkelahi?

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Bagaimana tidak, ukurannya yang kecil dan memiliki warna yang indah membuat banyak orang tertarik untuk memelihara ikan ini. Namun, terdapat satu hal yang sudah diketahui oleh semua orang: ikan cupang mudah berkelahi. Hal ini umumnya terjadi pada ikan cupang jantan. Berkelahi pada ikan cupang berpotensi menyebabkan mematikan, sehingga pemiliknya perlu melakukan hal-hal untuk mencegah ikan cupang jantan berkelahi.


Penyebab Ikan Cupang Berkelahi

Seperti hewan lainnya, ikan cupang jantan menjadi agresif karena beberapa alasan, yaitu menandai wilayah, merebut makanan, mencari tempat berlindung, dan mendapatkan perhatian ikan cupang betina. Umumnya cupang betina tidak bersifat agresif terhadap satu sama lain karena mereka umumnya dipelihara secara berkelompok. Cupang jantan sebaiknya dipelihara dalam akuarium yang terpisah atau bersama jenis ikan non-agresif lain.

Tanda-tanda Berkelahi pada Ikan Cupang

Ikan cupang yang hendak berkelahi akan membuka kedua penutup insangnya ke depan untuk membuat tubuhnya terlihat lebih besar. Perkelahian fisik di antara ikan cupang terjadi dengan menabrakkan diri ke ikan lain, menggigit tubuh atau sirip, atau bergulat. Jika kamu tidak melihat ikan cupang berkelahi, cobalah memeriksa bagian tubuhnya, karena mungkin saja ada sisik yang hilang atau sirip yang sobek. Namun, sirip yang robek juga dapat disebabkan oleh dekorasi akuarium yang berlebihan. Kamu juga dapat mengamati perilaku ikan cupang, karena kamu wajib berwaspada jika ia lebih banyak bersembunyi, mengalami penurunan nafsu makan, atau bahkan kematian yang mendadak.

Baca juga: Tips Ampuh Merawat Ikan Cupang!

Cara Mencegah Perkelahian Ikan Cupang

Cara pertama dan terbaik untuk menghentikan sifat agresif pada ikan cupang adalah dengan menempatkan satu ikan jantan per tangki. Setelah itu, berikan penghalang visual antara kedua tangki sehingga ikan tidak dapat melihat satu sama lain. Kamu cukup menggunakan latar belakang akuarium sederhana atau selembar karton. Sebaiknya jangan gunakan cermin atau sejenisnya di dekat akuarium karena ikan cupang dapat menjadi agresif ketika melihat refleksi mereka sendiri. Cermin juga dapat pemicu stres pada cupang dan memicu cedera karena menyerang mainan atau pantulannya sendiri di cermin.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui penyebab ikan cupang berkelahi bukan? Jika ikan cupang kamu berkelahi, ingat untuk coba tips pencegahan yang sudah dijelaskan diatas ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber: https://www.thesprucepets.com/why-do-betta-fish-fight-5183979

8 views