Memelihara Anjing yang Sudah Berumur

Updated: Dec 3, 2021


Hai Pawrents, apakah anjingmu sudah berumur? Atau mungkin kamu ingin mengadopsi anjing yang sudah tua dan memberikan hidup yang bahagia untuk sisa hidupnya? Sebenarnya, setiap anjing dianggap tua pada usia yang berbeda, tergantung pada jenis dan ukuran anjing. Anjing kecil biasanya lebih berumur panjang, sehingga mereka dianggap tua sekitar usia 10-11 tahun. Anjing yang berukuran sedang hingga besar biasanya dianggap berumur di usia 8-10 tahun, sedangkan anjing yang sangat besar dianggap tua pada usia 5-6 tahun. Maka dari itu, memahami usia anjingmu penting agar kamu dapat menyesuaikan kebutuhan makan dan latihan mereka.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi oleh Anjing yang Sudah Berumur

Seiring dengan bertambah tuanya anjing, metabolisme akan melambat dan tingkat aktivitas mereka juga akan menurun. Kedua hal tersebut dapat memicu penambahan berat badan, terlebih lagi jika pola makan anjing tidak disesuaikan dengan umurnya. Sebenarnya, terdapat banyak makanan anjing yang diformulasikan untuk umur dan gaya hidup anjing yang sudah tua. Makanan ini pada umumnya mengandung lebih banyak serat namun lebih sedikit kalori dan lemak dibandingkan makanan yang dibuat untuk anjing yang muda dan aktif. Dengan demikian, anjing kesayangan dapat merasa kenyang tanpa mengkonsumsi kalori yang berlebih sekaligus kesehatan pencernaannya juga terjaga.

Ada juga anjing tua yang mengalami berkurangnya nafsu makan yang disebabkan oleh berkurangnya aktivitas atau menjadi pemilih makanan. Namun tidak usah khawatir ya, Pawrent. Umumnya, makanan yang dirancang untuk anjing yang sudah tua mengandung banyak daging dan lemak sehat yang menarik bagi anjing.

Terdapat satu kekhawatiran lagi dengan bertambahnya umur anjing kesayangan, yaitu berkurangnya massa otot akibat berkurangnya pergerakan atau pencernaan protein dalam tubuh. Agar hal ini tidak terjadi, kamu dapat memberikan asupan protein yang terbaik dan mudah dicerna, dan biasanya didapatkan dari daging murni. Beberapa jenis makanan untuk anjing tua mengandung gizi yang bermanfaat bagi anjing, seperti glukosamin, chondroitin, dan antioksidan yang dapat mencegah penuaan.

Latihan untuk Anjing yang Sudah Berumur

Anjing memang sangat aktif dan menyukai aktifitas ya, Pawrents. Namun, semakin tua seekor anjing, semakin sedikit pula aktivitasnya. Ini dikarenakan adanya rasa sakit, lelah, atau mungkin mereka sudah merasa bosan dan tidak ingin bermain lagi. Walaupun begitu, latihan yang teratur tetap penting ya, Pawrent. Latihan sangat penting bagi kesehatan karena dapat mencegah penambahan berat badan, menjaga massa otot, mengurangi nyeri akibat artritis, dan menciptakan rasa gembira.

Aktivitas dan latihan pun harus disesuaikan dengan usia anjing. Latihan sederhana dan beresiko rendah yang dapat dilakukan adalah berjalan-jalan dan berenang. Berjalan menaiki tanjakan atau turunan dapat melatih kekuatan kaki belakang dan fleksibilitas pinggul. Kamu dapat menambahkan peregangan dan latihan keseimbangan.

Setelah menyesuaikan makanan dan latihan untuk anjing kesayangan, Pawrent juga dapat menyesuaikan gaya hidup sehari-harinya lho. Salah satu contohnya adalah menggunakan ramp atau jalur yang melandai yang dapat mempermudah anjing untuk menaiki atau menuruni tempat yang agak tinggi seperti mobil, sofa, atau tempat tidur. Karpet atau kain yang licin sebaiknya dihindari untuk mencegah anjing tergelincir dan jatuh.

Itulah cara untuk menjaga dan memelihara anjing kesayanganmu yang sudah tua. Petskita akan menjelaskan penyakit yang paling umum dialami oleh anjing yang sudah berusia, tapi di artikel lainnya ya! Pantengin terus Blog Petskita untuk artikel informatif bermanfaat lainnya!

Sumber: https://petlifetoday.com/how-to-take-care-of-a-senior-dog/