Membersihkan Kotoran Mata Anjing

Ketika kamu hendak bermain dengan anjing kesayanganmu dan kamu melihat adanya kotoran pada matanya, pasti langsung timbul rasa ingin membersihkannya. Rasanya lega banget ketika kotorannya lepas, tapi bagaimana jika kotorannya sulit dibersihkan? Yuk simak artikel berikut untuk membersihkan kotoran mata anjing tanpa memberikan rasa sakit.

Membersihkan mata anjing umumnya adalah hal yang mudah. Pawrent disarankan untuk langsung membersihkan kotoran mata dengan lembut setelah kamu melihatnya. Sama seperti manusia, kotoran pada ujung mata terasa mengganggu dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.

Saran pertama untuk pada Pawrent dalam membersihkan kotoran mata adalah jangan menggunakan tanganmu untuk membersihkan kotoran mata. Usahakan untuk menggunakan sesuatu yang lebih higienis seperti kain bersih, cotton bud, atau cairan khusus untuk mata. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi oleh bakteri atau mikroba yang ada pada tangan.

Kemudian, jangan memaksa untuk membersihkan kotoran mata anjingmu jika ia menunjukkan rasa tidak nyaman. Tunggu dan bersihkan setelah mereka sudah tenang, atau bila perlu mintalah bantuan kepada dokter hewan untuk membersihkannya. Pawrent boleh banget lho mulai melatih anjing kesayanganmu agar mereka mempercayaimu untuk membersihkan mata mereka.

Metode Membersihkan Kotoran Mata Anjing
Kain Hangat

Pakai kain yang lembut dan celup dalam air hangat, bukan air panas ya Pawrent. Angkat dan letakkan pada mata anjing selama 15 sampai 30 detik. Jika kotoran tersebut sudah kering, kamu dapat meletakkannya lebih lama agar kotoran tersebut menjadi lembek dan lebih mudah dibersihkan. Sebagian anjing mungkin akan kurang menyukai matanya ditutup, jadi cobalah untuk tetap bersama anjing kesayanganmu agar ia merasa nyaman. Jika kotoran mata tersebut sudah lembek, kamu dapat membersihkannya secara perlahan. Berhati-hatilah agar kamu tidak menyakiti mata anjing dengan kain tersebut.


Baca Juga: Anjing Terus Mengedipkan Matanya?


Memakai Cotton Bud

Hampir sama seperti metode sebelumnya, kamu juga akan mencelup cotton bud ke dalam air hangat. Setelah itu, kamu dapat secara perlahan membersihkan kotoran mata. Metode ini paling cocok untuk kotoran mata berbentuk lendir, namun kurang efektif untuk kotoran yang sudah mengering. Pawrent harus waspada agar tidak menusuk mata anjing. Kamu juga dapat meminta pertolongan seseorang untuk menahan anjing agar tidak bergerak terlalu banyak. Jika memungkinkan, belilah cotton bud yang lebih berkualitas untuk meminimalisir masuknya debu kapas.

Obat Tetes Mata

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu dapat mengganti air dengan obat tetes mata khusus untuk membersihkan saluran air mata anjing. Meskipun opsi ini relatif lebih mahal, sebenarnya cara ini lebih baik karena dapat memberikan rasa nyaman pada mata anjing sekaligus melindungi mata dari infeksi lebih lanjut. Cara memakai obat tetes ini adalah dengan memiringkan kepala anjing, kemudian membuka kelopak matanya untuk diteteskan obat. Akan lebih baik jika kamu meminta tolong kepada seseorang untuk memegang kepala anjing tersebut.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan kotoran pada mata anjing kesayanganmu! Jika kamu sudah mencoba semua metode tersebut namun tetap terbentuk kotoran secara berlebih, kamu sebaiknya membawa anjing ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut. Kemungkinan besar dokter akan memberikan pengobatan agar kondisi mata anabul dapat membaik. Semoga artikel ini membantu ya, Pawrent!

Source: https://www.hepper.com/how-to-clean-dog-eye-discharge/



13 views