Memberi Makan Kucing yang Sakit



Pawrents, kalian pernah ngga sih merawat kucingmu ketika sakit? Pasti sedih bercampur kewalahan ya. Kucing yang sakit akan lebih rewel dan sulit makan dari biasanya. Yuk simak beberapa tips dari dokter hewan dibawah ini biar kamu lebih siap menghadapi kucing sakit.


1. Tentukan Penyebab Penyakit

Pertama, kamu harus mengetahui hal yang menyebabkan kucingmu tidak berselera makan. Jika kucing kesayanganmu sudah tidak makan 1 atau 2 kali, segeralah mencari dokter hewan. Dokter hewan akan membantu mencari tahu penyebab penyakit yang diderita kucingmu sehingga penyembuhan dapat dipercepat. Jika tidak segera ditangani, penyakit yang diderita kucing kesayanganmu dapat menjadi lebih parah.


2. Cobalah Makanan Kaleng atau Makanan Basah

Kucing sangat menyukai makanan kaleng atau makanan basah loh, pawrents. Jika kucingmu tidak berselera makan, cobalah memberikan sedikit makanan basah. Belilah beberapa varian makanan basah untuk kucingmu. Bila perlu, mintalah resep makanan dari dokter hewan yang lebih lembut bagi pencernaan kucingmu.


Baca Juga: Cara Mengobati Bersin pada Kucing


3. Hangatkan Makanan Kucing

Makanan hangat dapat membangkitkan selera makan kucing. Ketika dihangatkan, makanan menjadi lebih beraroma dan dapat memikat kucing. Ingat ya pawrents, makanannya tidak boleh terlalu panas karena dapat menimbulkan luka pada mulut kucingmu.


4. Berikan Cemilan

Setiap kucing pasti memiliki cemilan kesukaan. Coba berikan beberapa potongan kecil cemilan dan lihat apakah kucingmu menjadi lebih berselera. Pawrent juga boleh mencampur cemilan dengan makanan sehari-hari mereka agar mereka lebih berselera.


Baca Juga: 7 Tanda-tanda Kucing Sedang Sakit


5. Berikan Makanan dengan Tangan

Duduklah dengan santai dan coba berikan makanan langsung dari tanganmu. Cukup taruh sedikit makanan diatas jarimu atau dalam telapak tanganmu dan berikan kepada kucingmu. Tapi, jika kucingmu tetap tidak ingin makan, janganlah memaksa mereka karena dapat membuat mereka merasa terganggu.


6. Obat Perangsang Nafsu Makan

Jika cara-cara diatas sudah pawrents coba namun tidak berhasil, temuilah dokter hewan untuk mendapatkan obat perangsang nafsu makan. Untuk kucing yang memiliki penyakit kronis, obat ini dapat membantu mereka untuk kembali makan.


Nah, itulah beberapa cara untuk memberi makanan kucingmu ketika mereka sedang sakit. Disamping itu, obat yang paling manjur adalah rasa sayang kamu kepada kucing ya, pawrents! Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!


Sumber:

https://petlifetoday.com/how-to-get-a-sick-cat-to-eat/



15 views