Melatih Anjing Untuk Tidak Buang Air Sembarangan (Potty Training)



Memang tidak mudah untuk melatih anak anjing jika dibandingkan dengan melatih anjing dewasa, oleh sebab itu kita sebagai pemilik harus memiliki waktu yang cukup serta kesabaran ekstra. Anak anjing membutuhkan lebih banyak perhatian dan kasih sayang, dan kamu juga harus siap juga untuk menghadapi segala tingkahnya yang bikin kamu kesal maupun bikin kamu gemas.

"Anak anjing membutuhkan lebih banyak perhatian dan kasih sayang, dan kamu juga harus siap juga untuk menghadapi segala tingkahnya yang bikin kamu kesal maupun bikin kamu gemas"

Kapan Sebaiknya Memulai Potty Training?

Menurut para ahli, potty training sebaiknya dilakukan ketika anak anjing kamu berusia 12-16 minggu atau sekitar usia 6 bulan. Kenapa? Karena pada usia tersebut anjing sudah memiliki kontrol dan kesadaran untuk dapat menahan pup dan pipis mereka. Namun apabila anak anjing kamu sudah melewati usia tersebut akan sedikit lebih sulit, karena akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk latihannya.

Untuk potty training, ada dua pilihan; latih anak anjing kamu untuk buang air diluar rumah dan/atau latih anak anjing kamu untuk buang air di dalam rumah, namun pada tempat yang telah disediakan, yaitu di dalam kamar mandi atau di box khusus yang nantinya dapat kamu buang langsung keluar.

Pilih Tempat/Spot yang Tepat

Untuk spot diluar rumah, tentukan lokasi yang tepat. Pilih lokasi yang mudah dijangkau dan mudah dibersihkan, karena kamu dan anak anjing kamu akan sering mengunjungi spot ini selama latihan. Begitu pula untuk spot di dalam rumah, kamu juga harus menyediakan lokasi khusus untuk latihan ini.

Jika anak anjing kamu melakukan pup atau pipis diluar spot yang telah kamu tentukan, segera bersihkan dengan cairan penghilang bau. Karena jika tidak lekas dibersihkan, baunya akan tinggal dan anak anjing kamu akan mengulangi lagi pada spot tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Anjing Memakan Kotoran Sendiri


Menetapkan Jadwal Rutin

Kamu harus bersikap konsisten untuk selalu membawa anak anjing kamu ke spot yang telah ditentukan. Perhatikan juga tanda-tanda jika anjing kamu mulai gelisah dan ingin buang air sesegera mungkin. Atau kamu juga bisa tetapkan jadwal, misalnya pada saat;

Setelah bangun tidur

Setelah makan siang

Sore hari

Setelah makan malam

Sebelum tidur


Berikan Reward

Jika berhasil, jangan sungkan untuk berikan reward berupa pujian, belaian, atau cemilan. Hal ini akan membuat anjing kamu gembira, dan mendorong mereka untuk semakin patuh.

Jika Terjadi Kesalahan

Jika terjadi kesalahan yang tidak disengaja maupun disengaja, perlu kamu ingat bahwa ini hanyalah latihan dan sangatlah wajar apabila terjadi kesalahan. Yang sebaiknya kamu lakukan;

Segera bersihkan noda pup/pipis diluar spot. Seperti yang dibahas di atas, jika tidak segera dibersihkan hanya akan menimbulkan kejadian yang terulang karena masih ada bau yang tertinggal di area itu.


Baca Juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemilik Anjing


Jangan Hukum Dia

Jangan menghukum apalagi memukul, karena perlakuan itu hanya akan membuat mereka takut dengan kamu.


Beri Peringatan

Jika anak anjing kamu melakukan pup/pipis diluar spot, beri peringatan berupa suara atau tepukan, lalu segera ajak dia ke spot yang telah ditentukan. Setelah itu berikan dia cemilan atau pujian karena telah berhasil.