Masalah Pada Gigi Hamster

Updated: Mar 29

Seperti yang Pawrents ketahui, hamster dan beberapa hewan peliharaan eksotis lainnya memiliki gigi yang tumbuh terus menerus sepanjang hidup mereka. Gigi ini mungkin perlu dipotong secara teratur jika hamster tidak melakukannya sendiri.

Gigi Hypsodontal pada Hamster

Tahukan kamu bahwa herbivora seperti kelinci, dan omnivora seperti chinchilla dan hamster, memiliki gigi panjang yang terus tumbuh, dan seringkali membutuhkan pemendekan gigi? Gigi ini disebut gigi hypsodontal. Gigi hypsodontal memiliki mahkota (bagian dari gigi yang dapat kamu lihat) yang memanjang jauh melampaui gusi. Oleh karena itu gigi hypsodontal hamster sangat panjang jika dibandingkan dengan gigi anjing, kucing, atau manusia. Tindakan pengikisan alami seperti mengunyah mainan, jerami, dan makanan lainnya dapat merawat gigi agar memiliki panjang yang ideal. Namun, kerap kali hamster juga perlu pemotongan gigi secara manual secara teratur karena beberapa faktor kesehatan dan genetik.

Pertumbuhan Gigi yang Berlebihan

Gigi seri atau gigi depan hamster adalah gigi yang paling mudah untuk diidentifikasi ketika mereka tumbuh terlalu panjang. Gigi seri yang terus tumbuh dan tidak dikikis biasanya melengkung dan keluar di antara bibir. Jika dibiarkan terlalu lama, gigi tersebut bisa tumbuh ke gusi atau langit-langit mulut. Gigi geraham, atau gigi di bagian belakang mulut, juga bisa tumbuh secara berlebihan, tetapi hal tersebut lebih jarang terjadi. Gigi geraham sulit diamati tanpa menggunakan spekulum untuk melihat bagian belakang mulut. Hamster dengan gigi geraham yang tumbuh terlalu banyak biasanya akan mengalami hipersalivasi dan mengalami kesulitan mengunyah dan menelan.

Baca Juga: Kenapa Hamster Mempuyai Kebiasaan Menggigit?

Memotong Gigi Insisivus (Gigi Seri)

Jika dilakukan dengan benar, pemotongan gigi tidak akan menyakitkan. Karena mulut hamster yang sangat kecil, alat seperti Dremel sangat tidak dianjurkan karena tidak aman digunakan ya, Pawrent. Kamu sebaiknya menggunakan sepasang gunting jahit atau gunting kuku kecil untuk memotong gigi seri yang tumbuh terlalu panjang. Kamu harus berhati-hati saat memotong gigi hamster untuk mencegah rasa sakit dan kemungkinan kerusakan pada gigi. Banyak rumah sakit hewan peliharaan khusus hewan eksotis dapat melakukan pemotongan gigi ini dengan biaya murah oleh dokter hewan.

Memotong Gigi Molar (Gigi Geraham)

Memotong gigi geraham pada hamster bisa dibilang lebih sulit daripada memotong gigi seri. Untungnya, hal ini tidak sering atau sama sekali tidak dilakukan. Karena sulit diidentifikasi oleh Pawrent awam, biasanya pertumbuhan ini dapat dilihat oleh dokter hewan. Setelah dokter hewan memastikan bahwa geraham hamster kamu terlalu panjang, mereka akan memotongnya dengan alat bedah yang dirancang untuk menghilangkan tulang atau gigi yang disebut rongeur. Jika hamstermu tetap tenang (yah... walaupun biasanya tidak), dokter hewan dapat mencari gigi yang tumbuh terlalu panjang dan akan memotongnya. Meski terdapat kemungkinan untuk merusak gigi, rongeur sangatlah tajam dan biasanya tidak menyebabkan kerusakan apa pun. Jika pemotongan terlalu rumit atau si hamster terlalu rewel, anestesi atau bius akan diberikan untuk mempermudah proses tersebut.

Pawrent yang memelihara hamster atau hewan peliharaan eksotis lainnya yang memiliki gigi hypsodontal harus waspada terhadap kemungkinan komplikasi gigi hewan peliharaan. Jika kamu tidak perhatian, gigi mereka dapat tumbuh terlalu panjang dan dapat menyebabkan kerusakan dan penyakit serius, seperti anoreksia atau bahkan kematian akibat ketidakmampuan mengunyah dan menelan. Nah, untungnya masalah ini dapat dicegah dengan pemotongan gigi yang teratur dan perilaku mengunyah yang benar. Jika kamu membutuhkan bantuan dalam merawat gigi hamster, segera hubungi dokter hewan eksotik terdekat ya, Pawrent!

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Pawrent terutama kamu yang memelihara hamster ya~


Sumber: https://www.thesprucepets.com/hamster-teeth-1238909