Makanan Anjing Buatan Sendiri, Kenapa Tidak?



Bayangkan jika kamu harus makan makanan yang sama setiap hari, pasti akan sangat membosankan. Dan apakah gizi dan nutrisi yang kamu butuhkan akan seimbang jika makan makanan yang sama setiap hari?


Itulah yang terjadi pada anjing kamu, ketika kamu hanya memberikan makanan yang sama setiap hari. Kebanyakan para pemilik hanya memberikan produk makanan yang sama pada anjingnya, mungkin hingga anjing kamu tidak mau makan karena bosan. Ketika mereka berhenti makan, barulah pemilik anjing akan mengganti produk makanan hingga mereka mau kembali makan.


Itu adalah salah satu alasan mengapa anjing kerap meminta makanan yang kita makan. Pada zaman dahulu, apa yang dimakan oleh anjing sama seperti yang tuannya makan, dan belum ada produk makanan anjing secara khusus.


Yuk lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui beberapa tips mengenai dog food yang rumahan.


Manfaat Dog Food Buatan Sendiri

Makanan anjing buatan sendiri dapat bermanfaat dalam beberapa hal. Terutama jika kamu memiliki anjing yang menderita alergi terhadap bahan tertentu.


Selain itu kamu juga tidak perlu cemas jika makanan anjing kamu habis, karena kamu langsung dapat membuatnya sendiri. Produk dog food yang terproses di pabrik cenderung kehilangan gizi dan nutrisi yang diperlukan anjing kamu. Dengan membuatnya sendiri, kamu akan memastikan kualitasnya, sehingga anjing kamu akan lebih sehat.


Pedoman Yang Harus Kamu Perhatikan

Layaknya seperti semua makhluk hidup, setiap anjing memerlukan nutrisi yang berbeda. Perhatikan faktor porsi yang diberikan, berat badan, ras, dan tingkat aktivitasnya.

Namun secara umum ada 5 kandungan dasar yang dibutuhkan oleh anjing, yaitu:

  • Protein

  • Lemak

  • Karbohidrat

  • Mineral

  • Vitamin

Campuran nutrisi ini akan membantu anjing kamu untuk tumbuh dan menjaga metabolismenya tetap baik.


Kandungan Nutrisi

Untuk memastikan anjing kamu mendapatkan semua nutrisi yang dia dapatkan dari makanan, simak daftar berikut ini.


1. Protein

Bisa didapatkan dari daging ayam, domba, sapi, ikan, dan telur. Protein membantu dalam pertumbuhan sel dan jaringan organ tubuh, serta antibodi dan enzim.


2. Lemak

Dari minyak dan daging. Lemak akan membantu penyerapan vitamin tertentu, melindungi organ dalam dan meningkatkan pertumbuhan kulit dan bulu.


3. Karbohidrat

Dari beras, jagung, dan kacang-kacangan. Karbohidrat akan menjaga kesehatan usus dan memasok glukosa ke organ-organ penting, termasuk otak.


4. Mineral

Termasuk kalsium, kalium, natrium, magnesium, besi, dll. Membantu anjing kamu untuk tulang dan gigi yang sehat.


5. Vitamin A, B, C, D, E dan K

Menjaga berat badan, kesehatan mata dan kulit, kekebalan dan banyak lagi.

Tertarik untuk memulai bisnis dog food rumahan? Segera daftar di Petskita