Lakukan Ini Jika Kucing Kamu Hilang


Jika kamu sedang membaca artikel ini, kemungkinan kucing kamu sedang hilang dan belum kembali. Jangan panik, mungkin kucing kamu tidak hilang namun tersesat. Bisa juga mereka sedang sembunyi tidak jauh dari rumah kamu dan akan bisa kembali kapan saja.

Kami merangkum beberapa saran yang dapat membantu menemukan kucing kamu yang hilang.


Kenali Lingkungan


Perhatikan beberapa akses rumah kamu yang memungkinkan kucing kamu dapat keluar. Bisa jadi dari jendela, atap jemuran, atau memanjat melalui sela-sela. Pertama-tama mulailah dari dalam rumah. Cari dia di bawah kolong perabotan, lalu melanjutkan di luar rumah dengan radius 5-10 meter. Lanjutkanlah mencari di sekitar sambil memanggil namanya. Jika dia telah kamu pelihara cukup lama, maka kucing kamu akan familiar dengan suara kamu dan akan mendatangi arah suara kamu. Lakukan secara terus menerus dan tambahkan radius pencarian kamu.


Jangan sungkan untuk menanyakan pada tetangga kamu, tunjukkan fotonya untuk lebih memperjelas. Jika kucing kamu yang hilang tersebut memakai kalung berlonceng, kamu sebaiknya harus peka terhadap bunyi lonceng tersebut.

Kucing biasanya lebih aktif pada malam hari, maka sebaiknya pencarian di luar rumah kamu lakukan pada sekitar jam 7-10 malam. Perhatikan pula semak-semak, pohon, serta barang apapun yang memungkinkan kucing kamu untuk bersembunyi.


Pancing Dengan Makanan

Jika kucing kamu hilang dan belum pulang dalam beberapa hari, pasti dia haus dan lapar. Letakkan makanan basah di depan rumah maupun garasi kamu untuk memancingnya pulang. Kamu bisa menambahkan untuk menempatkan kardus kosong yang telah dilubangi untuk tempatnya berlindung.


Walaupun dinilai agak jorok, ada beberapa orang yang sengaja meletakkan box pasir di luar rumah jika kucing mereka hilang. Atau bahkan menebar pasir kotor di sekitaran rumah. Karena kucing sangat peka terhadap aroma, maka ini bisa memancing kucing kamu untuk kembali jika dia tersesat. Dengan begitu dia akan mengenali aroma pasirnya dan dapat kembali pulang.


Poster & Sosial Media

Buatlah selebaran atau poster, sebar, dan tempelkan di sekitar tempat tinggalmu. Selain itu kamu juga dapat mengunggahnya pada platform sosial media seperti facebook atau instagram. Jika kamu cukup akrab dengan akun penyayang hewan, kamu bisa meminta tolong untuk membantu menyebarkannya. Pantau juga grup dan forum penyayang hewan, karena ada kemungkinan seseorang telah menemukan kucing kamu yang hilang.


Hubungi tempat penampungan hewan atau rescuer dan tanyakan mengenai kucing kamu. Akan lebih baik apabila kamu langsung mengunjunginya agar memperbesar peluang untuk menemukan kucing kamu.