Kucing Suka Pilih-pilih Makanan?



Jika kucing kamu adalah pemakan yang rewel, jangan khawatir, karena ia terkenal sangat cerewet. Sebenarnya, perilaku ini umumnya dipelajari dan tidak dibesarkan di dalamnya. Kamu mungkin berpikir kucing kamu menginginkan atau membutuhkan variasi dalam makanannya, tetapi kenyataannya, dia akan dengan senang hati makan makanan yang sama setiap hari selama hidupnya asalkan itu adalah makanan yang bergizi. Seperti yang dilansir oleh https://www.hillspet.com, berikut tips mengatasinya.


Sabar


Kucing membutuhkan waktu untuk adaptasi khususnya makanan. Tentu saja hal ini membuat rewel. Biasanya mereka cuma mencicipi makanan sesekali pada mangkuk tersedia. Namun, jangan berpikiran kalau mereka tidak menyukai atau menghabisi makanan ya.


Bisa jadi kucing kamu sudah makan cemilan di tempat lain. Mereka menghindar dari makanan yang kamu sediakan. Jika kamu banyak merawat kucing atau memberinya makan dari meja, kamu harus berhenti. Kucing kamu akan mengeluh sebentar tetapi akhirnya dia akan mengerti bahwa satu-satunya makanan yang akan dia dapatkan adalah dari mangkoknya.


Pastikan tidak ada orang lain yang merawat kucing – baik di rumah kamu atau di lingkungan sekitar. Hanya perlu satu orang untuk mengubah cara kucing kamu mengharapkan makanannya.


Jika kamu mencoba memberi anak kucing kamu beberapa makanan berbeda untuk dilihat yang mana yang dia sukai, kamu mungkin menemukannya pada saat dia dewasa. Kamu memberinya kesan bahwa kamu akan selalu melakukan ini. Jika kamu membuka beberapa kaleng makanan dan mencoba membujuk kucing untuk makan sesuatu setiap kali makan, kucing kamu telah melatih kamu.


Baca Juga: Haruskan Saya Memelihara Kucing


Berikut ini cara yang sangat efektif untuk melatih kucing kamu makan hanya apa yang kamu ingin dia makan:


Keluarkan makanan yang kamu ingin kucing kamu makan selama setengah jam.

  • Jika dia tidak memakannya, ambillah.

  • Ulangi sampai dia makan.

  • Setelah satu atau dua hari ini, kucing kamu mungkin mulai melolong meminta cemilan ekstra. Jangan menyerah. Kucing kamu tidak kelaparan; dia hanya menggunakan pesonanya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Kamu mungkin harus tahan dengan keluhan selama beberapa minggu, tetapi perawatan ini akan segera menghentikan kebiasaan makan yang rewel.


Ganti Makanan Baru


Jika kamu mengganti makanan kucing, kamu harus melakukannya secara bertahap. Mulailah dengan mencampurkan sedikit makanan baru dengan makanan biasa, secara bertahap tingkatkan jumlahnya sampai hanya makanan baru yang diberikan.


Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya!


Kapan Harus Menghubungi Dokter Hewan


Jika kucing kamu tiba-tiba menjadi sangat rewel setelah sebelumnya tidak menunjukkan perilaku seperti itu, atau tampak kehilangan berat badan, kamu harus berbicara dengan dokter hewan. Terkadang perilaku yang tampak rewel dapat disebabkan oleh alasan medis yang mendasari seperti masalah gigi, gangguan pencernaan, atau bola rambut.