Kucing Peliharaan Suka Mengigit? Begini Cara Mengendalikannya



Bagi sobat Petskita yang memelihara kucing, kalian pasti pernah digigit sama kucing kesayangan kalian bukan? Namun, tahukah kalian bahwa ada alasan tertentu mengapa kucing kalian suka mengigit saat diajak bermain. Lalu, bagaimana cara mengentikan kebiasaan mengigit pada si meong? Simak penjelasannya serta pencegahan kebiasaan buruk ini pada si meong.


Ada Beberapa Alasan Mengapa Kucing Suka Menggigit

  • Bisa jadi si kucing mengigit untuk merespon terhadap ancaman, biar si meong kelihatan tegas sob…

  • Beberapa kucing suka mengigit hanya untuk menghentikan tindakan yang tidak diinginkannya dari manusia atau hewan lainnya, apalagi saat menghadapi kejadian – kejadian yang mereka ga suka. Misalnya, saat kalian memotong kukunya, si meong mengigit tangan kalian karena tidak suka kukunya dipotong.

  • Barangkali si kucing menggigit sebagai bentuk komunikasi atau mencari perhatian belaka. Alih-alih mengeong, mereka menggigit.Jika si meong mengigit kalian, dan kemudian mencoba mengambil perhatian, cobalah turuti kemauannya. Si meong juga perlu kasih sayang sob..


Adapun Cara – Cara Untuk Mengendalikan Kebiasaan Buruk

  • Jangan biarkan kucing kalian bermain dengan tangan, jari tangan dan kaki kalian. Ajari si kucing bahwa tangan bukanlah mainan. Bila kalian selalu menawarkan tangan kalian sebagai mainan mereka, maka ini dapat mendorong kebiasaan buruk tersebut.

  • Berikan mainan interaktif seperti chew toys yang sesuai untuk digigit oleh si kucing. Harus tersedia berbagai mainan (minimal tiga) agar kucing kalian tidak bosan.

  • Pujilah si kucing secara terus-menerus dan elus-elus bulu mereka dengan lembut. Gunakan kata-kata pujian seperti “ si meong baik hati”, dll. Kalian juga bisa peragakan diri sebagai kucing dengan mengeluarkan suara meong dan tarik tangan anda seperti kucing. Seperti halnya, hadapi pacar yang lagi ngambek sob..

  • Jika kucing kalian menggigit dan tidak mau melepaskannya, kertakan gigi dan dorong tangan dan lengan kalian ke arah gigitan untuk meminta kucing melepaskan kalian. Biar si meong takut dan langsung lepasin gigitannya sob.

  • Hindari menghukum si kucing dengan kasar (hukuman fisik), yang hanya membuat kucing lebih berontak dan lebih mungkin untuk melawan dan melindungi diri mereka sendiri atau terlibat dalam permainan kasar.

Tidak begitu sulit bukan untuk sobat Petskita menghentikan kebiasaan buruk si kucing! Selalu sayangi kucing kalian ya! Cari tahu lebih banyak lagi seputar kucing di blog kami!


Sumber: https://www.thesprucepets.com/stop-cat-bites-553893