Kucing Hamil Lagi? 3 Cara Ini Bisa Cegah Kehamilan



Memang merawat kucing adalah hal yang menyengangkan di sela sela rutinitas. Namun apa yang terjadi jika kamu merawat kucing dengan jumlah yang banyak? pastinya kamu akan kewalahan ya sobat Petskita. Bayangin aja rumah kamu bisa bisa jadi tempat penampungan hewan / shelter. Beda cerita jika kamu ingin menjadi breeder ya.

Nah maka dari itu, tips tips di bawah ini akan membantumu untuk mencegah kucing sobat Petskita hamil. Sehingga sobat Petskita bisa merawat kucingnya secara maksimal dan bisa membatasi jumlah angka kelahiran sang induk.


1. Jangan Biarkan Kucing Keluar Rumah

Beruntung bagi sobat Petskita yang mempunyai kucing doyan di rumah terus ya. Sebab tips pertama ini adalah cara simpel untuk mengurangi sang induk hamil. Namun, jika kucing kamu doyan keluar apalagi betina, sebaiknya tetap jaga mereka di rumah ya.

Dan selalu ingat kalau kucing kamu mengeong dan manja tandanya kucing kamu sedang birahi. Apalagi kalau ada jantan di luar sana yang mengundang mereka untuk keluar. Jadi, selalu waspada terhadap perilaku sang induk ya. Salah satu solusinya yaitu dengan memberikan mainan kesayangan mereka atau tempat bermain bisa membuat mereka betah di rumah.


2. Cegah Hamil Dengan Ragi

Selain ragi berfungsi untuk membuat kue, ragi bisa mencegah kucing hamil ya sobat Petskita. Caranya hanya mencampurkan sedikit ragi ke dalam makanan kucing. Pastikan kucing tidak dalam kondisi hamil ya. Sebab ragi bisa merusak janin dan berakibat cacat lahir.


3. Pil / Suntik KB Pada Kucing

Tidak hanya manusia saja bisa KB, ternyata kucing bisa juga loh. Suntik hanya bertahan 2 – 3 bulan saja untuk mengendalikan siklus reproduksi kucing. Ada 2 cara sobat Petskita memberikan KB pada kucing yaitu suntik KB dan pil KB. Cukup datang ke klinik hewan bisa membantu proses KB pada kucing kamu. Sementara pil KB, cukup campurkan makanan saja.

Namun penggunaan KB pada kucing dalam jangka panjang bisa berisiko terkena pyometra (yang mana terjadi peradangan serta nanah pada rahim kucing).

Nah itulah 3 cara supaya kucing kamu tidak hamil ya sobat Petskita. Untuk lebih amannya lagi, lakukan sterilisasi pada kucing. Tarifnya cukup bervariasi, mulai dari 500 ribu – 1 jutaan. Perlu diketahui juga, selain mengurangi angka kelahiran kucingsterilisasi bisa membuat kucing kamu nyaman dan akrab di rumah loh.