Kotoran Mata pada Anjing dan Penyebabnya

Setiap Pawrent pasti pernah mengalami hal ini: ketika ingin bermain dan melihat wajah anjing kesayangan, kamu menyadari bahwa ada kotoran di ujung matanya. Apa yang menyebabkan munculnya kotoran tersebut? Dan apakah terdapat risiko kesehatan dibaliknya? Yuk simak artikel dibawah ini!

Pertama, kita harus kenali dulu jenis-jenis kotoran mata pada anjing. Kotoran mata umumnya terbentuk dari air mata yang menggumpal. Terkadang, kotoran ini juga mengering dan menjadi keras. Terbentuknya kotoran mata adalah hal yang wajar dan dapat terjadi karena alergi atau sesuatu yang mengganggu (debu atau benda lainnya).

Beberapa anjing juga lebih rentan untuk mengeluarkan air mata, dan keadaan ini dikenal dengan nama “epifora.” Keadaan ini menyebabkan mata yang selalu basah sehingga lebih mudah membentuk kotoran mata. Hal ini sangat umum pada anjing yang memiliki wajah pesek seperti Bulldog, Boston Terrier, dan Pug.

Hal yang harus Pawrent perhatikan adalah jika kotoran tersebut terlihat seperti cairan nanah atau nanah yang mengering. Jika ini terjadi, kamu patut mencurigai adanya gangguan mata seperti konjungtivis. Segera obati dan bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat karena gangguan tersebut dapat ditularkan ke anjing lain bahkan juga kepada manusia.

Baca juga: Anjingmu sering mengedipkan matanya?

Hal lain yang patut kamu perhatikan juga adalah jika mata anjing terlihat merah dan bengkak, mengeluarkan kotoran yang berlebih, atau anjing kerap mengucek matanya setelah kamu membersihkan kotoran mata. Kemudian, kamu tentunya harus membawa anjing kesayanganmu ke dokter hewan jika kamu melihat adanya benda asing di dalam matanya. Jangan coba untuk mengeluarkannya karena mungkin saja itu akan memperparah kondisi mata.

Jika kamu mencurigai terjadinya epifora pada anjingmu, coba berkonsultasilah dengan dokter hewan. Meskipun terlihat tidak berbahaya, namun mungkin saja ada gangguan lain yang tersembunyi, seperti tumor, glaukoma, atau gangguan saluran air mata. Gangguan terakhir yang mungkin terjadi adalah mata kering, yang umumnya ditandai dengan cairan lengket dan kerap kali ada pada mata. Mata kering dapat disebabkan oleh kerusakan jaringan air mata atau penyakit seperti distemper. Selalu awasi mata yang kering karena dapat menyebabkan infeksi.

Sekarang Pawrent pasti sudah mengerti tentang kotoran mata pada anjing dan penyebabnya. Pantengin terus Blog Petskita untuk mengetahui cara membersihkan kotoran tersebut! Semoga artikel ini bermanfaat ya, Sob!

Sumber: https://www.hepper.com/how-to-clean-dog-eye-discharge/

16 views