Komunikasi dan Bahasa Tubuh Antar Anjing



Anjing adalah hewan sosial dan memiliki banyak cara untuk menyampaikan dan komunikasi mengenai perasaan mereka. Anjing tidak hanya menggunakan suara, tetapi seperti manusia, mereka juga menggunakan bahasa tubuh. Bahasa tubuh ini juga kerap digunakan untuk mempertahankan hierarki sosial antar anjing, untuk menghindari konflik satu sama lain.


Membungkuk


Biasanya anjing akan berjalan secara perlahan atau membungkuk, dengan meluruskan kaki depan. Ini adalah tanda komunikasi jika dia menyatakan damai. Seperti misalnya ketika dia merasa terancam ketika menumpahkan, atau membuat kekacauan di dapur kamu. Sebenarnya anjing kamu tidak merasa bersalah (hmm…), dia hanya ingin kamu berhenti marah kepadanya.


Mengalihkan Pandangan


Di dalam dunia anjing, kontak mata adalah bahasa tubuh yang dianggap mengancam. Namun tidak masalah bagi anjing yang sudah lama dipelihara, selama ekspresinya tidak tampak stress atau marah. Jika anjing kamu mengalihkan pandangannya, itu adalah sebuah komunikasi yang berarti dia sedang merasa gugup.


Berjalan Berputar


Selain menghindari kontak mata, anjing tidak akan secara langsung mendekati anjing atau orang lain yang mereka kenal. Mereka akan berjalan berputar untuk menunjukkan bahwa dia sedang tidak bermaksud jahat. Bentuk komunikasi dan bahasa tubuh ini mengatakan bahwa keadaan baik-baik saja.


Menguap


Menguap adalah bahasa tubuh ketika kita sedang lelah atau mengantuk, namun tidak selalu. Anjing dalam keadaan tertentu akan menguap untuk menyampaikan komunikasi bahwa dia sedang tenang. Jika terdapat situasi dimana anjing kamu bertemu dengan anjing atau orang lain dan dia menguap, maka itu adalah tanda bahwa tidak ada ancaman di sekitarnya.


Menjilat Hidung


Ketika anjing menjilati hidung atau sekitar mulutnya, maka berarti dia sedang mencoba untuk menenangkan diri sendiri. Ini adalah bahasa tubuh yang muncul ketika dia sedang merasa tidak nyaman. Seperti ketika bertemu orang baru, atau dibawa ke lingkungan yang baru. Singkatnya, menjilat hidung adalah tanda komunikasi bahwa anjing kamu sedang cemas.