Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemilik Anjing



Anjing adalah sahabat terbaik manusia, namun sebagai hewan peliharaan mereka tetap bergantung pada manusia untuk mendapatkan perawatan yang terbaik. Selayaknya makhluk hidup, mereka cukup rentan dengan berbagai hal. Kamu dapat mencegahnya sebelum terlambat, memberikan mereka perhatian dan bimbingan yang baik akan sangat berguna bagi anjing kamu. Berikut adalah kesalahan sering dilakukan pemilik anjing. Maka kamu akan segera memiliki hewan peliharaan yang berperilaku baik yang benar-benar menyenangkan.


Mengabaikan Pelatihan dan Sosialisasi


Jangan pernah lalai dalam melatih anjing kamu. Setiap anjing membutuhkan latihan dasar seperti potty training, jadwal makan, atau latihan lainnya. Jika latihan dilakukan secara rutin, maka itu akan menjadi habit atau perilaku yang baik. Sama halnya dengan sosialisasi, yang akan membantu anjing kamu terbiasa dengan terbiasa dengan lingkungan sekitar.


Tanpa sosialisasi yang tepat, anjing dapat mudah dilanda ketakutan dan fobia. Lebih buruk lagi, kurangnya sosialisasi dapat menyebabkan berbagai masalah perilaku. Ingat, mempunyai anjing yang terlatih dan pandai bersosialisasi akan memberi kebahagiaan untuk kamu atau keluarga kamu.


Tidak Memberi Aktivitas yang Cukup


Olahraga merupakan kebutuhan dasar setiap anjing. Kurang olahraga dapat menyebabkan masalah kesehatan dan perilaku. Beberapa anjing membutuhkan lebih banyak olahraga daripada yang lain, dan sebagian anjing membutuhkan lebih dari sekadar jalan-jalan sederhana.


Perhatikan kebutuhan aktivitas anjing kamu. Apakah dia mudah gelisah dan bosan? Atay dia tampak hiperaktif dan bersemangat sepanjang waktu? Atau bahkan kelebihan berat badan? Ini semua adalah tanda bahwa anjing kamu membutuhkan lebih banyak aktivitas dan olahraga.


Membiarkan Masalah Perilaku Menjadi Tidak Terkendali


Masalah perilaku pada anjing mungkin awalnya kecil, tetapi jika tetap dibiarkan akan menjadi lebih buruk. Mengabaikan masalah akan membuatnya semakin tak terkendali. Lebih buruk lagi, kamu mungkin secara tidak sadar memperkuat perilaku buruk pada anjing kamu. Memberi treat atau camilan kepada anjing yang agresif akan membuat anjing kamu bahwa ia melakukan hal yang benar.


Rasa takut dan fobia juga terkadang diabaikan atau diminimalkan. Fobia cenderung memburuk dari waktu ke waktu dan dapat menyebabkan masalah perilaku lain atau bahkan masalah kesehatan. Modifikasi perilaku, bukan hukuman, dapat membantu mengatasi masalah ini.


Dalam hal memberi makan anjing kamu, apakah kamu tahu dasar-dasarnya? Semua makanan anjing tidak diciptakan sama. Sebelum membeli makanan anjing, periksa label dan baca ulasannya. Bicaralah dengan dokter hewan Anda dan pakar anjing lainnya. Ingatlah hal-hal berikut:

  • Bahan makanan

Pemberian makan yang tidak benar dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk masalah kulit dan malnutrisi. Banyak ahli berpikir pola makan yang buruk bahkan dapat menyebabkan kanker dan masalah pencernaan lainnya.

  • Porsi

Makanan bukanlah wujud rasa sayang kamu. Kasus obesitas anjing disebabkan oleh makan berlebih. Jika anjing kamu kelebihan berat badan dan kamu memberi makan yang tidak sesuai jumlah yang disarankan, kamu mungkin perlu menguranginya. Bicaralah dengan dokter hewan Anda tentang rencana diet terbaik untuk anjingmu.


Menghindari Pemeriksaan Dokter Hewan


Apakah kamu salah satu dari orang-orang yang menunggu sampai anjingmu sakit untuk pergi ke dokter hewan? Sebenarnya, kamu tidak sendiri. Banyak pemilik anjing melewatkan atau menunda pemeriksaan dokter hewan rutin kecuali ada sesuatu yang terjadi dengan anjing mereka. Kamu mungkin berpikir, “anjing saya sehat dan merasa hebat, mengapa saya harus membuatnya stres dengan kunjungan dokter hewan?” Pemilik anjing sering kali ingin menghindari biaya dan ketidaknyamanan kunjungan dokter hewan.


Saat anjing kamu menunjukkan tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang tidak benar, jangan menunggu hingga bertambah buruk. Hubungi dokter hewan untuk mendapatkan perawatan dini sebelum menjadi sesuatu yang serius.