Kenapa Kucing Terengah-engah?


Jika anjing bernafas dengan terengah-engah sambil menjulurkan lidah itu adalah hal normal, namun tidak pada kucing. Kucing terengah-engah serta menjulurkan lidah ketika bernafas adalah perilaku yang tidak wajar pada kucing.


Apa Artinya Jika Kucing Terengah-engah?

Tubuh dan sistem pernafasan kucing sangat efisien dan biasanya TIDAK bernapas melalui mulut. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami mengapa kucing kamu bernafas secara terengah-engah.

Penyebab normalnya dapat meliputi:


  • Sehabis melakukan permainan yang berat (berlari, memanjat, dll)

  • Stress yang diakibatkan oleh suara bising, tamu, atau hewan lain

  • Kecemasan dan panik karena bepergian

  • Karena suhu udara panas

Apa yang Harus Dilakukan?

Dalam skenario ini, penting bagi kamu untuk membiarkan kucing kamu beristirahat dan menenangkan diri. Jika perlu berikan dia tempat yang nyaman untuk berlindung dan jaga dia dari gangguan-gangguan lain.


Gangguan Kesehatan

Namun, jika kucing kamu terengah-engah ketika dia tidak mengalami stress, tidak kepanasan, dan tidak capek sehabis bermain, bisa jadi dia mengalami masalah kesehatan.


Asma

Asma pada kucing mirip dengan asma pada manusia dan memiliki banyak pemicu yang sama, termasuk stress dan alergi. Penyakit ini biasanya menyebabkan kesulitan bernafas, batuk, nafas berbunyi, dan nafas yang terengah-engah.



Heartworm (Cacing Hati)

Meskipun lebih sering terjadi pada anjing, kucing juga dapat terkena heartworm atau cacing hati. Heartworm adalah parasit kecil yang dapat menginfeksi jantung dan paru-paru. Jika sudah terinfeksi maka akan memicu penyakit Heartworm Associated Respiratory Disease (HARD).


Gagal Jantung

Gagal jantung dapat menyebabkan cairan menumpuk di sekitar paru-paru. Sehingga mengurangi kapasitas paru-paru dan membatasi kadar oksigen. Gangguan kesehatan ini biasanya disertai nafas yang terengah-engah dan gejala seperti hidung dan gusi yang pucat.


Infeksi Pernapasan

Penyebab penyakit ini biasanya virus dan bakteri. Lingkungan yang tidak bersih dapat menjadi pemicunya, sehingga kucing akan rentan penyakit ini. Gejala ini terlihat mirip dengan gejala flu seperti manusia seperti batuk, bersin dan terengah-engah.

Kondisi lain seperti anemia, trauma, gangguan neurologis, dan rasa sakit yang luar biasa juga dapat menyebabkan kucing bernafas terengah-engah.

Segera bawa kucing kamu ke dokter hewan jika tanda-tanda abnormal diatas terjadi pada kucing kamu.