Kenapa Kucing Makan Rumput?



Jika kamu memiliki kucing yang bebas keluar masuk rumah, pasti kamu pernah melihat mereka makan rumput. Dan setelah makan, mengunyah, dan menelan rumput, mereka akan segera memuntahkannya. Mungkin terlihat aneh, karena kucing adalah hewan karnivora, dan rumput bukanlah makanan alaminya. Mungkin karena perilaku ini tak biasa bagi, kamu mungkin akan menegur kucing kamu ketika makan rumput.


Faktanya, ini adalah perilaku yang normal bagi semua kucing. Walaupun kucing adalah pemakan daging, rumput memiliki banyak manfaat bagi mereka.


Apa Manfaat Rumput Untuk Kucing?


Membantu Pencernaan

Alasan utama mengapa kucing kamu suka makan rumput adalah untuk membantu pencernaan mereka. Karena terkadang ada duri, tulang, dan bulu yang masuk ke pencernaan kucing, dan tidak dapat tercerna. Oleh karena itu, kucing akan makan rumput untuk membantu memuntahkan yang tidak dapat dicerna oleh lambung mereka.


Kebutuhan Nutrisi

Menariknya, baru-baru ini diketahui bahwa rumput memiliki kandungan asam folat. Asam folat juga ditemukan dalam susu induk kucing. Nutrisi esensial ini berguna untuk pertumbuhan sel yang akan membantu pembentukan hemoglobin. Menurut para ahli, jika kucing sedang merasa kurang sehat, mereka akan mencari rumput untuk dimakan.


Pencahar Alami

Seperti pada poin pertama, rumput sangat berguna untuk pencernaan kucing. Jika kucing kamu merasakan sakit perut, maka dia akan makan rumput untuk mendapatkan serat. Segala hal yang tidak dapat dicerna, dan tidak dapat mereka muntahkan, akan mereka keluarkan dengan bantuan serat dari rumput. Artinya, rumput sebenarnya dapat membantu membersihkan pencernaan dan melancarkan sembelit pada kucing.


Tumbuhan Yang Aman Bagi Kucing

Jika masih dalam jumlah yang sedang, dan tidak mengandung pestisida atau herbisida apapun, tidak akan menjadi masalah. Namun jika dalam jumlah banyak dan mengganggu pernafasan atau tenggorokannya, maka kamu harus segera menghubungi dokter hewan untuk pengobatannya.


Terlebih lagi, kamu juga harus bisa memastikan bahwa yang ada di halaman kamu tidak ada tanaman yang beracun. Ada beberapa tanaman yang beracun bagi kucing seperti; lidah buaya, kaktus, monstera, dan philodendron.


Jika kamu ingin memastikan bahwa kucing kamu makan rumput yang aman, berikan mereka rumput khusus kucing.