Kenapa Kucing dan Anjing Takut Suara Petasan?


Pada umumnya orang suka kembang api dan petasan, bukan? Memang benar bahwa kebanyakan orang, terlebih anak-anak menjadi sangat bersemangat ketika bermain itu. Namun, hewan peliharaan kita sering kali dibuat ketakutan oleh kembang api dan suara petasan.


Suara petasan dapat menjadi hal yang traumatis pada kucing dan anjing. Karena kucing dan anjing memiliki pendengaran yang sangat peka, mereka dapat mendengar suara dengan frekuensi yang jauh lebih tinggi daripada manusia. Yang berarti, suara letusan dari petasan dan kembang api dapat menyakitkan bagi telinga mereka.


Bagi beberapa kucing dan anjing, hal ini dapat menjadi sebuah fobia terhadap suara. Mereka akan seterusnya ketakutan terhadap suara yang keras seperti petir, mesin penyedot debu, dan lainnya. Ketakutan ini juga dapat berbuah pada perilaku yang buruk, seperti kepanikan, mengunyah barang, menggonggong, dan mencakar benda yang ada di dalam rumah.


Bagaimana Cara Menjaga Anjing/Kucing Kamu Tetap Tenang?


Ajak Mereka Berjalan-jalan pada Siang Harinya

Kebanyakan petasan dan kembang api dinyalakan pada malam hari. Sebelum gelap, ajaklah mereka berjalan-jalan. Dengan tujuan membuat mereka cukup lelah agar dapat beristirahat dengan tenang pada malam hari. Selain itu berjalan-jalan juga berguna untuk memberikan kesempatan untuk buang air di luar rumah.


Menyiapkan Tempat Untuk Berlindung

Ciptakan tempat yang aman untuk mereka di dalam rumah. Kamu bisa siapkan kolong meja, selimut atau kandang. Atau ciptakan beberapa opsi agar mereka merasa nyaman. Jangan lupa untuk selalu menemani di samping mereka, karena kehadiranmu sangat berarti bagi mereka dikala ketakutan.


Tutup Rapat Pintu dan Tirai Jendela

Bukan hanya suara kembang api yang dapat menyebabkan ketakutan bagi mereka, tetapi juga cahaya dan kilatan cahaya. Biarkan lampu menyala di dalam ruangan untuk mengurangi dampak kilatan. Selain itu jika puìintu dan jendela tertutup rapat, akan mengurangi volume suara yang masuk ke dalam rumah.


Alihkan Perhatian

Nyalakan radio atau televisi dengan suara yang kencang, agar menutupi suara kembang api dan petasan di luar. Atau kamu bisa memberi cemilan kesukaannya untuk menjaga mereka tetap tenang. Dan jika anjing/kucing kamu cukup jinak, ajak mereka bermain agar rasa takutnya berkurang dan perhatiannya teralihkan.